Rabu , Februari 21 2024
Rapat Koordinasi Manajemen Transportasi

Transportasi MotoGP, Dushub Sediakan 45 Unit Shuttle Bus Gratis

Memastikan kelancaran transportasi pada saat pelaksanaan event, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perhubungan menggelar Rapat Koordinasi Manajemen Transportasi bersama pemangku kepentingan di Hotel Prime Park Mataram, Kamis 5 Oktober 2023.

Rakor tersebut dihadiri oleh Penjabat Gubernur H. Lalu Gita Ariadi yang diwakili oleh Plh Sekretaris Provinsi NTB, Muhammad Nasir. Dalam sambutannya Plh Sekda NTB menjelaskan Rakor ini penting digelar sebagai wadah memperkuat kolaborasi pemangku kepentingan perhubungan untuk memastikan kelancaran dan keamanan transportasi selama event Mo GP digelar.

“Oleh karenanya, perlu dukungan dan kerja keras dari kita semua untuk memastikan sarana dan prasarana khususnya transportasi yang harus disiapkan dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Lalu M Faozal memaparkan selama event Moto GP digelar Dishub NTB menyediakan 45 unit shuttle bus gratis yang tersebar di beberapa titik untuk dapat digunakan oleh para masyarakat yang benar-benar berkebutuhan. Penyediaan shuttle bus gratis ini, ditekankan Kadis sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengganggu aktifitas bisnis transportasi masyarakat.

“Ini adalah free transport bagi masyarakat yang betul-betul berkebutuhan,” ungkap Faozal.

Tak hanya itu, terdapat 3 Pos Penyekatan dan 5 Pos Pelayanan untuk memastikan keamanan transportasi selama event berlangsung. Di antaranya, Pos Penyekatan di Bundaran BIZAM, Depan Sirkuit, dan Bundaran Songgong. Untuk Pos Pelayanan tersebar di area BIZAM, area ex Bandara Selaparang, area Bangsal. Area Bundaran BIZAM, dan area Lembar.

Selain itu, Dishub NTB juga menerbitkan skenario tarif angkutan jika berbayar sebagai pendukung Moto GP 2023. Skenaruio tariff tersebut berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK).

Untuk jumlah eksisting ASK (Angkutan Sewa Khusus) dan ASUM di Provinsi NTB, jumlah ASK aktif di NTB sebanyak 157 unit dengan pola operasi ASK pemesanan berdasarkan aplikasi berbasis transportasi. Jumlah ASUM aktif di NTB sebanyak 107 Unit.

“Dishub NTB juga menyediakan Rambu Elektrik dan Sign Board yang akan ditempatkan di beberapa titik untuk memudahkan penonton menuju Sirkuit mandalika,” jelas Kadis.

Dishub NTB juga menyediakan sebanyak 37 kapal cepat di Pelabuhan Bangsal dengan jadwal operasi per hari sebanyak 20 unit. Di Pealbuhan Kayangan-Pototano tersedia 27 unit kapal dengan jadwal operasi 10 unit per hari. Di Bandara BIZAM sendiri, jumlah pesawat yang beroperasi setiap harinya sebanyak 31-35 unit, di mana saat event Moto GP berlangsung aka nada penambahan flight yang rencananya Garuda sebanyak 14 flight, Citilink sebanyak 5 flight, Lion Group sebanyak 4 flight, dan Air Asia sebanyak 3 flight.

Check Also

Kalsel Siap Sambut Tamu Wartawan Seluruh Indonesia

Pemprov Kalsel bersama dengan PWI setempat memaparkan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: