Minggu , Juni 16 2024
Pemandangan dari Bukit Pergasingan

Ratusan Wisatawan Mendaki Bukit Pergasingan Saat Weekend

Selong, Literasi-Selain Gunung Rinjani yang sudah mendunia, Sembalun Lombok Timur memiliki destinasi pegunungan yang tak kalah indah yaitu Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan terletak di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, tak jauh dari pusat Kota Kecamatan Sembalun.

Sebelum mendaki, para pengunjung diharuskan melakukan registrasi pada pengelola Obyek Wisata Pergasingan.  Dalam melakukan perjalanan, jangan lupa siapkan fisik, mental dan pahami aturan pendakian termasuk jangan buang sampah sembarangan. Setelah semua siap, baru memulai pendakian.

Untuk menuju puncak, pendaki harus menempuh jalur pendakian yang terjal berbatu dan tentu sangat melelahkan. Untuk sampai di puncak berketinggian 1.750 mdpl, terutama bagi pendaki pemula bisa ditempuh dengan berjalan sekitar 2 sampai 3 jam. Tapi yang sudah biasa, bisa lebih cepat dari itu.

Namun, rasa lelah akan terbayar tuntas setelah pendaki tiba di puncak. Dari puncak Pergasingan, pendaki atau wisatawan bisa menikmati pesona lereng Gunung Rinjani, hamparan sawah petani dan  pemandangan deretan atap rumah warga nan cantik.

Salah seorang wisman asal Belgia Carro menuturkan pengalamannya setelah berada di Puncak Bukit Pegasingan. “Viewnya bagus banget, ada hamparan sawah hingga pemandangan deretan pemukiman, view village bagus sekali,” ucapnya.

Carro baru pertama kali mendaki Pegasingan. Dia hanya butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai puncak. “Saya nginap semalam di Sembalun,” ujarnya.

Tak hanya pemandangan Lereng Rinjani, bagi wisatawa yang bermalam di puncak, mereka bisa menikmati sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari.

Destinasi Bukit Pegasingan selalu ramai wisatawan baik domestik maupun mancanegara. “Saat weekend, bisa sampai ratusan  wisatawan, “imbuh salah seorang pemandu wisata, Alenk.li

Check Also

Daya Tarik Ekowisata dan Edukasi Bale Mangrove di Lombok Timur

Sejumlah wisatawan lokal menikmati pemandangan berupa deretan pohon mangrove dan kicauan burung yang hinggap di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *