Rabu , April 17 2024

Kolaborasi BPPD NTB Hidupkan “CreativeTourism” pada Ajang WSBK 2023

Mataram, Literasi-Berkolaborasi dengan Pemprov NTB, masyarakat adat dan berbagai  asosiasi pariwisata, BPPD NTB, Jum’at (03/03/2023), memaksimalkan peran UMKM, pelaku seni pertunjukan dan atraksi budaya di ajang World Superbike 2023 untuk meningkatkan status Provinsi NTB sebagai salah satu destinasi creative tourism.

Ketua BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardani, pada sebuah kesempatan mengatakan bahwa sektor pariwisata berbasis creative tourism harus ditingkatkan. Mengingat trend wisata saat ini tidak hanya sekedar berjalan-jalan melihat tempat indah dan menikmati penginapan mewah sebagai sarana untuk berlibur dan beristirahat, tetapi juga untuk mengenal lebih jauh identitas budaya sebuah destinasi dan aktivitas kreatif masyarakatnya.

“Pengalaman seperti itulah yang paling berpeluang membuat para wisatawan bisa menjadikan sebuah tujuan wisata sebagai second home yang akan menjadi alasan mereka untuk terus kembali,” katanya.

Menurutnya, belajar dan melihat dari pariwisata Bali yang sukses menjadi salah satu kiblat pariwisata dunia, bukan hanya karena pesona keindahan alamnya semata, melainkan juga karena keberhasilan mereka menghidupkan berbagai macam wisata kreatif khususnya pertunjukan seni dan budaya yang mereka miliki.

“Dan, hal itulah yang menjadi salah satu identitas utama Pulau Bali di mata wisatawan dunia,” jelas Baiq Ika.

Provinsi Nusa Tenggara Barat selain didiami oleh 3 suku utama yaitu Suku Sasak, Samawa dan Mbojo, juga diperkaya oleh keberadaan beberapa suku lainnya seperti; Bali, Bugis, Arab dan bahkan Cina. Masing masing memiliki ragam warisan budaya unik yang bisa menjadi daya saing kuat Provinsi Nusa Tenggara Barat di sektor creative tourism.

Melalui event Lombok Sumbawa Fair yang merupakan event pendukung World SBK 2023, BPPD bersama Pemprov dan semua asosiasi pariwisata di NTB menggandeng hampir 350 talent lokal hasil kerjasama dengan masyarakat adat termasuk Laskar Sasak untuk menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya dari berbagai Kabupaten dan Kota yang tersebar di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, Pemprov NTB juga mengakomodir lebih dari  300 pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk kreatif mereka di ajang Motul FIM Superbike World Championship 2023 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kuta Mandalika, Lombok Tengah.

Terpilihnya kembali Indonesia sebagai salah satu lokasi perhelatan World Superbike 2023 diharapkan mampu mendongkrak kembali geliat pariwisata nasional khususnya di Nusa Tenggara Barat yang sempat menurun karena Pandemi Covid-19.md

Check Also

Lendang Ara, Ubudnya Lombok

Lendang Ara merupakan salah satu desa di Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Desa yang terletak …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: