Selasa , September 27 2022

STP Mataram akan Buka Program Magister Pariwisata dan Dua PS Baru S1

Pelantikan jajaran pejabat STP Mataram.

Mataram, Literasi-Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram akan membuka program Magister Pariwisata dan dua program studi S1 masing-masing Bisnis Pariwisata dan Gastronomi. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualifikasi SDM pariwisata melalui sektor pendidikan.


Ketua STP Mataram, DR. Halus Mandala, M. Hum, Kamis (22/9), mengatakan terdapat satu lembaga baru yang dibentuk di STP Mataram sebagai langkah menghadapi persaingan di sektor pendidikan. Hal itu sekaligus sebagai tantangan untuk terus meningkatkan kualitas lembaga bersangkutan.


Universitas Negeri saat ini diberi peluang lebih banyak dalam menampung mahasiswa melalui tes mandiri sehingga dimungkinkan menjadi ancaman bagi perguruan tinggi swasta. Karena itu, pihaknya menyikapi dengan membentuk lembaga baru yakni Lembaga Perencanaan dan Pengembangan Institusi (LPPI).


Menurut Halus, PTN membuka tes mandiri yang berpeluang menambah kapasitas penerimaan mahasiswa baru. Karena itulah LPPI diamanahi merencanakan program dalam menggali peluang di perguruan tinggi swasta.

Sementara ini Program S2 sudah memungkinkan karena jumah doktor sudah mencapai 8 orang dan sudah diajukan ke Dikti Dikbud RI. Hal ini hanya menunggu waktu. Sedangkan dua program studi S1 pun sudah diusulkan.

Kata Halus Mandla, hal yang menarik adalah S1 Gastronomi yang outputnya menghasilkan SDM dengan kapasitas kemampuan mengetahui makanan sehat.

“Sementara ini banyak bisnis kuliner namun belum menyentuh kesehatan masyarakat. Kita punya tanggung jawab kepada masyarakat, apakah yang kita jual itu sehat, jadi bukan sekadar mencari untung,” katanya seraya menambahkan hal ini salah satu upaya menyikapi kebutuhan mahasiswa.


Sementara itu, pada Rabu (2/9), dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ketua, wakil ketua, Kaprodi, kepalan lembaga, kepala bjdang, dan kepala biro di lingkungan STP Mataram, oleh Ketua Yayasan Kertya Wisata Mataram, Mastari TM. Mereka yang dilantik masing-masing:
Ketua STP Mataram, Dr. halus Mandala, M. Hum
Waka Bidang Akademik I Wayan Suteja, A. Par. M. Par.
Waka II Bidang Non Akademik, Ulfan Mulyawan, M. Pd.
Kaprodi D3 Perbotelan Lalu Yulendra, M. Par.
Kaprodi D3 IPW Ander Sriwi M. Par.
Kaprodi S1 Pariwisata Dr. Syech. Idrus
Kepala LPM DR. I Putu Gede
Kepala LSP, DR. I Made Murdana
Kepala LPPI, DR. M.Jumail
Kepala LTI Dila Ariyogi M. Ikok
Kepala LKS I Wayan Bratayasa
Kepala PPM DR. H. Faturrahim
Kepala PKST dan Training Lalu Mahsar, M. Pd
Kepala Perpus dan Dokumentasi, Eva Afriani, A. Md, Perpus
Koordinator Bidang Promosi I Made Dayuh Hary K. M. Par
Kepala BAAK, I Made Sudili Putra W S. Kim
Kabid Kemahasiswaan dan UKM DR. Murianto
Kepala Bidang SDM, Dra. SP Damayanti, M. Pd. ian

Check Also

Pameran Karya Inovasi 2022

Wagub Hj.Sitti Rohmi Djalilah. Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menghadiri Pameran karya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: