Rabu , November 30 2022

Gubernur Resmikan Rumah Adat Palung Dalem

Gubernur NTB ketika menghadiri peresmian rumah adat bale beleq palung dalem. kmf

Selong, Literasi-Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M. Sc., melakukan kunjungan kerja dalam rangka meresmikan Rumah Adat Bale Beleq Palung Dalem Desa Suwangi, Sakra Lombok Timur, (14/08). Dalam peresmian rumah adat itu, Gubernur terkejut dengan sambutan selamat datang dengan slogan “Bertaubatlah saudaraku karena dunia sudah tua” yang ditulis oleh Ali Akbar selaku Ketua Rumah Adat Bale Beleq Palung Dalem.

Disebutkan Bang Zul, sapaan akrab Gubernur, kalimat ini diungkapkan oleh Prof. Hariri yang termasuk dalam buku terbaik dunia saat ini.

“Jadi, luar biasa buku terbaik dunia saat ini mengutip tulisan Ali Akbar,” sanjung Bang Zul.

Selain itu, gubernurr juga mengutarakan nama Bale ini adalah rumah yang menyamankan semua. Sekarang, kata dia, banyak punya rumah yang besar tapi jiwanya sempit.

“Jadi rumah yang diinginkan Ali Akbar ini kelihatannya sederhana mungkin kecil bentuknya tapi rumah ini dihuni oleh orang-orang berjiwa besar di bumi yang kita cintai ini,” tandasnya.

Hadirnya institusi tersebut diharapkan masyarakat tidak kehilangan arah dalam hidup.

“Mudah-mudahan Bale Adat ini menjadi rumah yang nyaman buat semuanya, tempat keluh kesah, tempat berdoa, dan terus mempererat persaudaraan dan lebih kuat persatuannya,” pungkasnya.

Peresmian Rumah Adat Bale Beleq Palung Dalem ditandai dengan pemukulan Gendang Belek oleh Gubernur didampingi Ketua Rumah Adat, Ali Akbar, Wakil Bupati Lombok Timur, dan Tokoh Adat lainnya dan penandatanganan prasasti.kmf

Check Also

Merawat Harapan di Mulang Pakelem

Acara Mulang Pakelem.kmf Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah mengatakan banyak ritual agama agama …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: