Kamis , Juli 18 2024

Kekurangan SDM, Taman Budaya NTB Berusaha Berkreasi Mandiri


Mataram, Literasi-Taman Budaya NTB sementara ini masih kekurangan SDM. Setidaknya terdapat 16 pegawai dengan hanya tiga tenaga fungsional yang tak lama lagi memasuki usia pensiun. Namun, dengan berbagai kekurangan itu, taman budaya berusaha untuk mandiri.


Kepala Taman Budaya NTB, Sabarudin, mengatakan dengan jumlah pegawai yang sangat minim ditambah anggaran yang kecil membuat Taman Budaya hampir tidak bisa berbuat banyak.
Sebutlah anggaran kegiatan hanya sekira seratus jutaan rupiah setahun. Jumlah itu digunakan untuk mengcover kegiatan pentas dan pameran seni rupa.

Dengan keterbatasan itu, seniman yang melakukan eksplorasi seni di Taman Budaya pun diharapkan memiliki kemandirian pendanaan dengan inisiatif yang tidak merugikan. Belum lama ini, misalnya, digelar pameran lukisan yang malah didanai sendiri oleh pelukisnya. Sedangkan Taman Budaya hanya menyediakan ruang pameran.


Menurut Sabarudin, semula Pemerintah Pusat menyediakan DAK untuk taman budaya. Namun belakangan, DAK itu terancam tidak diberikan jika Pemprov tidak mengalokasikan anggaran kegiatan taman budaya. “Sebaliknya jika Pemprov tidak menganggarkan maka Pemerintah Pusat pun tidak akan memberikan DAK untuk kegiatan taman budaya,” ujar Sabarudin.

Menyikapi situasi itu, Sabarudin mengatakan pihaknya terus menerus mengusulkan agar Pemprov melakukan penganggaran yang memadai. “Setiap tahun kami selalu mengusulkan,” katanya.


Menurut Sabarudin, kelayakan taman budaya tidak hanya ditunjukkan dengan aktifitas kesenian seperti eksplorasi dan berbagai latihan kesenian melainkan juga secara fisik yang menarik untuk dikunjungi masyarakat.


Sementara ini, kata Sabarudin, pihaknya tetap berkomitmen menjadikan taman budaya mandiri dengan berbagai kreasi. Karena itu, kerjasama dengan berbagai pihak tetap dilakukan sebagai bagian dari aktifitas yang bisa menjadikan taman budaya titik kumpul dan destinasi unggul. Ian

Check Also

Menikmati Pesona Rinjani Dari Gunung Loang Dares

Anda hobi mendaki gunung? Gunung Loang Dares di Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba Lombok Timur mungkin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *