Minggu , Juni 16 2024
Aktifitas mahasiswa KKNTSTP Mataram di Desa Pengembur

KKNT Mahasiswa STP Mataram Lakukan Pembentukan Kembali Pokdarwis Desa Pengembur

KKNT STP Mataram melakukan pembentukan kembali Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pengembur, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pembentukan Pokdarwis ini  merupakan salah satu dari tiga program kerja utama yang telah menghasilkan kepengurusan yang di  SK kan  pemerintah desa setempat jelang akhir tahun 2023.

Pembentukan kepengurusan baru melalui proses pengumpulan kontak Pokdarwis sebelumnya dan FGD yang juga dihadiri kepengurusan sebelumnya. Selain itu, dilaksanakan pelatihan sekaligus membuat kepengurusan baru, pelatihan kembali  calon pengurus baru dan pemilihan oleh Kepala Desa, kepala dusun, BPD, pendamping desa, tokoh masyarakat, Babinsa, bhabinkamtibmas, Pol PP desa, tokoh pemuda, dan wanita yang hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut hingga pengurus Pokdarwis terbentuk.

Selain pembentuan Pokdarwis, dilakukan pula Penataan Destinasi melalui observasi ke setiap daya tarik wisata di Desa Pengembur, membuat plang sapta pesona, plang petunjuk arah dan membuat bak sampah dari anyaman bambu untuk ditempatkan di masing-masing daya tarik wisata yang ada.

“Setelah semua pengerjaan selesai baru kami melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah didiskusikan dan capaian dari program ini telah tercapai sesuai rencana,” ujar Ketua KKNT STP Mataram Desa Pengembur, Lalu Ilpan Hanapi..

Digitalisasi merupakan program kerja utama ketiga, diantaranya membuat official account instagram, Tik Tok dan aplikasi lainnya. Para mahasiswa pun mengupload foto maupun video masing-masing daya tarik wisata yang ada di Desa Pengembur.

“Dengan potensi-potensi yang dimiliki kami mempromosikan dengan akun yang telah dibuat. Dan terbukti pada salah satu akun yaitu instagram  memiliki ribuan pengikut dan akan terus meningkat setiap harinya apabila konsisten mengupload potensi-potensi yang ada dengan harapan kedepan akan meningkatkan kunjungan wisatawan,” papar Lalu Ilpan.

Proses yang dilakukan tidak  sebatas mempromosikan dengan akun yang telah dibuat, melainkan juga memberikan pelatihan-pelatihan bersamaan dengan pelatihan Pokdarwis tentang bagaimana cara mengelola akun. Setelahnya, para mahasiswa KKN menyerahkan akun itu kepada pengurus Pokdarwis yang baru untuk melanjutkan secara konsisten.

Selain program utama, dilakukan program penunjang diantarnya, membantu menyusun struktur organisasi Pokdarwis dan pelatihan  terkait dengan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing anggota, mengunjungi dusun-dusun yang memproduksi kerajinan seperti, pengerajin gerabah, sedotan dengan anyaman bambu, kain tenun, kerajinan anyaman rotan yang bisa dijadikan sebagai produk unggulan dan dipasarkan kepada wisatawan sebagai buah tangan.

“Adapaun hal-hal yang kami bahas adalah mengajak mereka untuk bekerjasama dengan pemerintah desa. Dan, tanggapan mereka sangat antusias. Kami membantu untuk berdiskusi dengan pemerintah desa untuk memfasilitasi mereka dalam pemasaran dan tanggapan dari pemerintah desa akan membuat program terkait itu,” ujar Lalu Ilpan.

Sedangkan program tambahan yakni mengajar di Sekolah Dasar (SD), madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Desa Pengembur dengan mengajarkan bahasa Inggris, matematika dan  dasar-dasar pariwisata. Hal yang tak kalah menarik yakni  melaksanakan kegiatan sosial seperti memberi santunan kepada anak yatim dan doa bersama, bekerjasama dengan pemerintah desa dan karang taruna desa untuk melaksanakan kegiatan penggalangan dana untuk Palestina, sertamembantu acara begawe masyarakat.

Check Also

Begini Cara Pj. Sekda Promosikan Pariwisata NTB

PJ Sekda NTB bersyukur atas kehadiran SSDN LXVII, yang memilih Provinsi NTB untuk melaksanakan studi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *