Rabu , Februari 21 2024
foto Kominfo NTB

Begibung Makan Ikan untuk Generasi Emas

Loteng, Literasi-Begibung Makan Ikan untuk Generasi Emas dalam rangka HUT NTB ke-65, bertajuk “Tumbuh Bersama eFishery untuk NTB Maju Melaju”, dibuka oleh Asisten ll Setda NTB, Drs. Fathul Gani, M. Si., di Halaman Kantor Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah, Senin (11/12).

Asisten ll Setda NTB, yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan tersebut, menyampaikan terimakasih kepada eFishery dan jajarannya dalam meningkatkan masyarakat NTB untuk gemar makan ikan. Sehingga memiliki dampak yang luar biasa dalam menuntaskan angka stunting di Desa Aik Berik.

“Kehadiran eFishery dan jajaran menjadi pemicu untuk bukan saja di Desa Aik Berik tetapi harus menjalar ke desa-desa lain di NTB,” ungkapnya seraya menambahkan  pemerintah akan terus mendukung apa yang menjadi program eFishery dan PKK.

Pj Ketua PKK NTB, Hj. Lale Prayitna yang juga ketua Porikan NTB menyampaikan kegiatan ini merupakan inisiasi PKK NTB dengan eFishery dalam rangkaian memperingati HUT NTB yang ke-65. Sehingga lokasi dipilih di Desa Aik Berik sebagai desa binaan PKK NTB.

Ditambahkan Bunda Lale, sapaan akrab Pj Ketua PKK NTB, di Desa Aik Berik masih 28 anak berat dan tinggi badannya belum berkembang.

“Kami dengan eFishery ini akan mengkombinasikan telur dan ikan untuk mempercepat perkembangan anak-anak yang masih stunting,” ungkapnya.

Jjika hal ini bisa berhasil, kata dia, akan menjadi masukan untuk seluruh wilayah yang masih angka stuntingnya. Oleh karena itu, Bunda Lale mengajak kepada masyarakat khususnya para ibu-ibu untuk bersama-sama untuk memberikan kepada anak-anak mengkonsumsi ikan karena di Lombok tengah angka konsumsi ikan masih 36 persen.

Sementara itu, Kepala eFishery Khairul menyampaikan kegiatan gemar makan ikan ini sangat relevan dengan NTB Maju Melaju yang dimaknai dengan antar generasi dan keberlanjutan dari apa yang telah diberikan oleh generasi sebelumnya.

“Jadi gemar makan ikan ini sangat relevan untuk menciptakan generasi selanjutnya menjadi lebih cerdas, sehat yang dimulai hari ini,” ungkapnya.kmf

Check Also

Bunda Lale Harap Ikaboga Jadi Inspirasi Ibu-ibu Dalam Memasak

Mataram, Literasi-Pj Ketua TP PKK NTB mengatakan Ikaboga sebagai organisasi boga dengan kiprahnya bisa menjadi …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: