Rabu , April 17 2024
Audiensi dari perwakilan eFishery di Ruang Kerja Pendopo Pj Gubernur NTB,

Kerjasama dengan Efisher, Pj Gubernur NTB Harap Bangun Desa Ikan

Mataram, Literasi – “Makna laut berarti ikan. Sehingga geliat kerja di sektor perikanan memiliki potensi besar untuk mendukung ekonomi lokal, tentunya melalui kerjasama dengan eFishery dan OPD terkait dalam membangun Desa Wisata ikan,” ungkap Pj Gubernur Saat menerima audiensi dari perwakilan eFishery di Ruang Kerja Pendopo Pj Gubernur NTB, Rabu (6/12/2023).

Pj. Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Drs. H. Lalu Gita Ariadi., M.Si  menekankan, pentingnya pembangunan desa-desa perikanan yang berkelanjutan mengingat NTB dikenal dengan wilayah kepulauan yang dimana kepulauan identik dengan laut.

Seperti diketahui  eFishery merupakan  merek yang dimiliki PT Multidaya Teknologi Nusantara. Perusahaan asal Kota Bandung, Indonesia ini fokus dalam mengembangkan solusi teknologi manajemen budidaya ikan berupa mesin pakan otomatis untuk kolam ikan skala menengah dan besar.

“Geliat sektor perikanan memiliki potensi besar untuk mendukung ekonomi lokal. Melalui kerjasama dengan Efisher, kita dapat membangun Desa Ikan yang tidak hanya produktif tetapi juga berkelanjutan secara lingkungan,” ujar Miq Gite sapaan akrab Pj Gubernur NTB ini.

Menurut Miq Gite, pembangunan Desa Ikan harus melibatkan partisipasi aktif masyarakat setempat. Sentuhan Transformasi ilmu dan informasi yang di berikan pemerintah  kepada masyarakat kedepan akan mampu dikelola oleh masyarakat dan pemuda setempat.

“Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan sangat penting. Dengan dukungan teknologi dari Efisher, kita dapat menciptakan model pembangunan perikanan yang inklusif dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Manager Goverment Relation eFishery, Dessi Hertawati mengutarakan keinginan pihaknbya untuk bekerja sama dalam mengembangkan Desa Ikan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di NTB. Bahkan eFishery turut bergabung dalam HUT NTB yang ke-65.

“Rencananya tanggal 11 Desember 2023 akan ada Hari Makan Ikan (HMI) bersama masyarakat dan Intervensi Gizi Stunting dengan cara memberi makan ikan kepada balita selama 30 hari di Desa Aik Beriq. Dan  tanggal 12  Desember 2023 akan dilanjutkan dengan agenda penanaman 1000 mangrove bentuk komitmen eFishery dalam menjaga lingkungan di wilayah Jerowaru.

“eFishery turut bergabung dalam HUT NTB yang ke-65, rencana di tanggal 11 Desember akan ada Hari Makan Ikan (HMI) bersama masyarakat dan Intervensi Gizi Stunting dengan cara memberi makan ikan kepada balita selama 30 hari di Desa Aik Beriq,” Dessi  menegaskan. 

Ditambahkan Dessi, bentuk implementasi dari pertemuan dengan Penjabat Gubernur, pada tanggal 17 Desember 2023 akan ada MoU pakem kerjasama dengan pemerintah NTB dalam menghadirkan Desa Perikanan Digital dari Hulu hingga Hilir, dengan harapan semua Stakeholder terlibat.

“Wujud  dari keseriusan kami dalam pertemuan ini, akan kiami tindaklanjuti  dengan rencana penandatangan MoU dengan Pj. Gubernur NTB tanggal 17 Desember 2023 dengan menghadirkan desa perikanan digital dari hulu ke hilir,” terangnya.

Bagi Dessy, pertemuan tersebut menciptakan landasan yang kuat untuk kerjasama antara Pemerintah Provinsi NTB dan Efisher dalam mengoptimalkan sektor perikanan bagi kesejahteraan masyarakat lokal dan pelestarian lingkungan.kmf

Check Also

Wisata Pemandian Alami Peningkatan Pengunjung, Polres Loteng Intensifkan Patroli

Kepolisian Resor Lombok Tengah meningkatkan patroli dan pengamanan di tempat-tempat wisata pada hari ke empat …

%d blogger menyukai ini: