Sabtu , Juni 22 2024
M.Sultan

Kades Pengembur Semangat 1000 Persen Bangun Pariwisata

Loteng, Literasi-Kepala Desa Pengembur, M. Sultan, mengatakan memiliki semangat 1000 persen membangun pariwisata di desanya. Bahkan di desa itu sudah bentuk Pokdarwis (kelompok sadar wisata).

“Semangat 1000 persen membangun pariwisata karena potensi itu ada. Pengembur itu Ubudnya Lombok yang unggul dengan persawahan, ” katanya pada pertemuan dengan mahasiswa KKN belum lama ini seraya menambahkan bahwa berbagai program pariwisata perlu didukung masyarakat.

Menurutnya, dunia pariwisata saat ini masanya jualan bukan lagi tebar pesona. Kalau tak bisa jualan, kata Sultan, apapun yang dimiliki  tak bisa laku. Karena itu Sultan menegaskan komunikasi memegang peranan sangat penting dalam membangun sektor pariwisata.

Kades Pengembur mengatakan kehadiran mahasiswa KKNT STP Mataram di desanya sangat membantu upaya itu sehingga meminta agar Desa Pengembur dijadikan desa binaan STP Mataram.

Ia pun menantang mahasiswa melakukan festival kuliner desa itu dengan menghadirkan berbagai jenis makanan yang ada di Lombok.

“Pihak desa sudah melakukan studi banding ke Bali khususnya soal pengelolaan sampah. Karena itu siap berkontribusi dalam memberikan generasi emas, ” cetusnya seraya menambahkan agar program tak berhenti hanya di KKN. 

Ketua STP Mataram, Dr. Halus Mandala, mengatakan Desa Pengembur di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, punya potensi yang luar biasa di sektor pariwisata. Berada dekat dengan bandara internasional, Pengembur punya destinasi negeri di atas awan dengan pemandangan yang sangat menarik, goa sawung, persawahan dan berbagai produk kerajinan tangan.

Melihat potensi itu, Halus pun menantang Kades untuk menyekolahkan pemuda asal desa setempat di STP Mataram sebagai generasi yang menguasai sektor kepariwisataan. Bahkan Halus akan memberikan kuliah gratis satu orang jika di Pengembur ada 6 mahasiswa yang bersedia kuliah di STP Mataram.ian

Check Also

NTB Tuan Rumah Konferensi Internasional, Motivasi Bagi Pelaku UMKM

Pj Sekda NTB Ibnu Salim diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. H Fathul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *