Rabu , Februari 21 2024
Turun ke sungai lakukan kebersihan

Segenap Elemen Masyarakat pun Terjun Bersihkan Sungai Sambut Hari Sumpah Pemuda

Mataram,Literasi-Memperingati hari Sumpah Pemuda 2023, Komunitas IBRA, VIBE Center Indonesia, IKAD Squad, BWS, LHK Kota Mataram, Warga Lingkungan Banjar dan Ratusan Anak – anak TK dan PAUD se Kecamatan Ampenan, melakukan bersih – bersih Sungai Jangkuk, Minggu (29/10).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan refleksi bersama seluruh kalangan tentang peran pemuda dan anak – anak pada isu – isu lingkungan.  Kegiatan ini diinisiasi oleh Komunitas IBRA langsung dibawah komando Bq. Indraninsih, S.E., perempuan visioner yang intens fokus pada isu – isu lingkungan, perempuan dan pemuda.

Selain bersih – bersih sungai, pun dilakukan mewarnai bersama dan dialog “Parenting & Edukasi Lingkungan”.

Dalam dialog yang cair sambil memperingati Hari ULTAH IBRA yang ke 10, panitia mengajak semua audience ngobrol santai tentang Parenting dan Edukasi Lingkungan. Ngobrol Santai ini ditemani langsung oleh Bq. Indraningsih, S.E., Ketua IBRA.

Ngobrol santai ini merupakan salah satu pendekatan keren yang dilakukan IBRA kepada masyarakat untuk melakukan edukasi kepada semua kalangan tentang pentingnya bersama – sama mengenal sampah dan cara mengolahnya, terutama sampah plastik.

Selain bicara plastik, IBRA, VIBE Center dan IKAD mengajak bersama – sama mengenal bagaimana cara menjaga sungai dari sampah, terutama plastik. Di sela – sela ngobrol santai panitia mempersiapkan banyak hadiah dan doorprize sebagai pendekatan utama agar proses edukasi berjalan menyenangkan bagi anak – anak dan pemuda.

“Sungai adalah warisan alam yang harus dijaga, dirawat dan dilestarikan dengan bijak dan adaptif oleh para generasi muda,” katanya. “Generasi selanjutnya harus mengenal sungai sebagai warisan yang kaya. Sungai juga menyimpan banyak cerita dan kearifan. Jika yang tua tidak mulai mengajarkan anak – anak untuk menyayangi dan melestarikan sungai secara guyub bersama – sama maka perlahan – lahan sungai akan ditinggalkan, kering dan musnah,” papar Bq. Indraningsih saat ditanya soal sungai Jangkuk. hm

Check Also

Perkuat Kekompakan Tangani Isu Kehutanan dan Persampahan Pj Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: