Rabu , April 17 2024
Lalu Mahsar

Banyak Alumni STP Mataram Bekerja di Kapal Pesiar

Mataram, Literasi-Tidak sedikit alumni Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram yang bekerja di kapal pesiar. Hal itu berkaitan erat dengan  MoU yang sudah dibangun bersama sejumlah mitra.

Kepala Pusat Kajian Tracer Study STP Mataram, Lalu Mahsar,  belum lama ini mengatakan  penyerapan alumni sekolah tinggi tersebut cukup tinggi di sektor swasta. Karena, pihaknya  senantiasa mencari celah untuk terus-menerus  membangun relasi dengan berbagai mitra  dunia usaha di dalam maupun luar negeri.

Lalu Mahsar mengemukakan ditemukan  mahasiswa yang  bekerja sebelum wisuda justru diinisiasi oleh STP Mataram. Pasalnya, kadangkala peluang itu muncul disaat mereka menjadi mahasiswa sehingga terjaring ke dunia usaha. Akibatnya, mahasiswa itu acap kali tidak sempat mengikuti wisuda karena sedang berada di Eropa.

“Seperti pada wisuda tahun ini ada yang tidak sempat dating karena sedang berada di Eropa,” ujarnya.

Peluang kerja alumni STP Mataram tidak hanya di sektor swasta melainkan juga di pemerintah. Potensi untuk mengabdi itulah, kata Mahsar, membuat STP dilirik calon mahasiswa.  Terlebih, STP Mataram menyediakan berbagai jenjang pendidikan D3 dan S1.

Menurutnya, peluang kerja tidak hanya dicari sendiri oleh para mahasiswa maupun alumni, akan tetapi pihak lembaga juga aktif membangun relasi dan membagikan informasi positif terkait peluang kerja yang ada ke grup alumni.

Sementara ini mitra STP Mataram khusus untuk kapal pesiar mencapai lima lembaga yang sudah melakukan kesepakatan. Mereka berasal dari perusahaan perusahaan yang berkantor di Bali dan menjalin kerjasama dengan kapal pesiar di berbagai negara.

“Cabang cabang di Bali itulah yang melakukan rekrutmen. Dan sudah beberapa kali diadakan rekrutmen di STP Mataram, ” kata Lalu Mahsar seraya menambahkan bahwa pihak kapal pesiar  melakukan seleksi langsung kepada mahasiswa.

Selain di kapal pesiar,  mahasiawa  juga direkrut  pihak perhotelan. Manajemen sejumlah hotel berbintang datang untuk mencari mahasiswa terbaik yang dibutuhkan agar nantinya bekerja di sana.

Sementara itu pihaknya pun senantiasa menjalin komunikasi dengan alumni yang sudah bekerja karena menjadi momen membangkitkan semangat mahasiswa yang baru. Ian

Check Also

Lendang Ara, Ubudnya Lombok

Lendang Ara merupakan salah satu desa di Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Desa yang terletak …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: