Minggu , Juni 16 2024
Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi

AkanAda Jambore Tenun Tahun Depan

Selong, Literasi-Istri Pj Gubernur NTB, Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi mendukung penuh Alunan Budaya Pringgasela yang kembali digelar mulai tanggal 22 September hingga 1 Oktober 2023. Mengusung tema “Pringgasela Raya diangka 7”, masyarakat kompak menggunakan bawahan tenun saat pergi menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Besar Jam’iyyatul Qudsiyyah, Pringgasela Jumat, 29 September 2023

Dukungan tersebut dijelaskan Bunda Lale, sapaan akrabnya, direncanakan dalam bentuk event Jambore Tenun yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun depan.

Hal tersebut diungkapkan Bunda Lale saat diskusi bersama Kepala Desa Pringgasela, pegiat tenun dan Kadis Perindustrian NTB. Event tersebut nantinya akan mengundang para pengggiat tenun di seluruh Nusa Tenggara Barat dan akan menjadi event Provinsi.

“Sekarang ini kan kita berada di akhir tahun, insyallah tahun depan kita akan anggarkan untuk kegiatan jambore tenun tahun depan,” jelasnya.

Bunda Lale menilai bahwa kain tenun tidak hanya digunakan dalam acara adat, budaya dan fashion, akan tetapi dapat juga digunakan juga dalam acara keagamaan, sehingga tenun semakin dekat dengan masyarakatnya.

Adapun makna tema “Pringgasela Raya diangka 7”, adalah menggambarkan Alunan budaya pringgasela telah digelar sebanyak 7 kali dengan tema yang berbeda pula.

Uniknya lagi, diseberang masjid terdapat penyewaan kain tenun bagi jamaah salat Jumat dengan tarif seikhlasnya. Istri Pj Gubernur NTB, Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi yang mengunjungi langsung tempat tersebut mengaku bangga dan kagum atas antusias masyarakat.h.kmf

Check Also

SMK Jurusan Busana se-Pulau Lombok dapat Coaching Clinic Design Dekranasda

Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dekranasda NTB), Ir. Hj. Lale …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *