Kamis , Juli 18 2024
Prof.Dr.Syech Idrus

Mengenal Prof.Dr.Syech Idrus, Guru Besar Pertama STP Mataram

Mataram, Literasi-Tanggal 26 September 2023 bertepatan dengan wisuda mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, akan berlangsung pengukuhan Guru Besar. Adalah Syech Idrus, pria kelahiran Kampung Melayu, Ampenan, Kota Mataram, 31-12-1959, yang akan menerima pengukuhan itu.

Predikat guru besar tentu sangat istimewa, terlebih tempat kelahiran sang dosen di daerah pesisir yang selama ini dikenal sebagai daerah perdagangandan nelayan. Hal ini cukup beralasan mengingat  aktifitas masyarakatnya yang padat di bidang ekonomi. Syech Idrus mengakui kenyataan itu. Dan, itulah yang justru melecutnya untuk memperkaya ilmu pengetahuan di dunia pendidikan.

Syech Idrus menamatkan gelar sarjana strata satu tahun 1985 di IKIP Malang/Univ.Malang prodi Administrasi Pendidikan. Tahun 1998         menyandang Strata Dua (S2) Magister Univ.Brawijaya Malang dengan prodi Administrasi Bisnis dan tahun 2016    di perguruan tinggi yang sama menyandang gelar doktor Ilmu Administrasi. Tahun ini predikat Guru Besar diraihnya untuk bidang Manajemen Sumber Daya Manusia.

Di STP Mataram, Syech Idrus merupakan Ketua Prodi S1 Pariwisata dan Kepala LP2M STP Mataram. Sedangkan organisasi yang ditekuninya sebagai anggota Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI).

Berbagai penelitian sudah dilakukan pria yang mengaku ingin mengabdi secara luas itu. Pada tahun 2016 ia meneliti “Pengaruh Pemberdayaan Psikologis terhadap Burnout, Self-Efficacy, Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja dan Kinerja Invidu Terhadap Pramuwisata di Provinsi NTB”. Tahun 2017 melakukan penelitian “Kualitas Pelayanan Akademik Berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa di Akademi Pariwisata Mataram”.

Pada tahun 2018 melakukan penelitian “Strategi Pengembangan Desa Wisata Gumantar Kabupaten Lombok Utara”. Tahun 2019 “Kajian Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata di Kabupaten Lombok Utara”. Tahun 2019 “Model Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pekerja Pariwisata di Kota Mataram”. Di tahun yang sama melakukan penelitian “Perancangan Rencana Pembangunan Pariwisata Dusun Nipah (Participatory Action Research)”. Sedangkan tahun 2020 penelitian “Analisis Model Perencanaan Pengelolaan Pengunjung (Visitor Management) di Desa Wisata Sade”.   

Dibalik kesibukannya sebagi dosen, Syech Idrus pun terlibat dalam berbagai kegiatan profesional. Tahun 2018-sekarang sebagai Asesor Kompetensi Kepariwisataan Hotel Puri Saron Lombok; Tahun 2018 – sekarang Riviewer Internal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STP Mataram STP Mataram; 2015 -sekarang Riviewer Artikel Jurnal Media Bina Ilmiah STP Mataram; 2019 sebagai Dosen tamu di Malaysia dengan tema “Pembangunan Desa Wisata Di Lombok: Budaya dan Dinamika komunitas Lokal” Univ.Teknologi Malaysia (UTM) dan Univ. Utara Malaysia (UUM).

Sementara itu prestasi yang diraih pada tahun 2019 sebagai narasumber dengan makalah terbaik “Best Paper Award” yang diberikan oleh Ketua Panitia Seminar Nasional Administasi Bisnis Univ.Tujuh Belas Agustus Surabaya. Pada tahun yang sama sebagai Dosen Berprestasi dalam Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yang diberikan Ketua STP Mataram.ian

Check Also

Tertib Berlalu Lintas, Polres Bima Kota Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Rinjani 2024

Polres Bima Kota menggelar apel pasukan Operasi Patuh Rinjani 2024 di halaman Mapolres Bima Kota. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *