Minggu , Juni 16 2024

Edu Camp Wellness of Sembalun dan Gamelan SRIKANDI NTB

Sembalun, Literasi-Event Edu Camp bertajuk Wellness of Sembalun digelar selama dua hari di Rest Area Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat identitas Sembalun sebagai Destinasi Wellness ini juga dimeriahkan dengan Bazar Ekraf yang menampilkan berbagai produk kuliner dan kerajinan lokal khas Sembalun. Selain itu, para pengunjung juga dihibur dengan sejumlah pertunjukan seni dan tari tradisional.

Salah satu pertunjukan seni yang sukses menarik perhatian pengunjung yang terdiri dari masyarakat umum dan puluhan tamu asing adalah Tari Tandang Mendet yang merupakan sebuah tari sakral yang dipentaskan oleh 7 orang penari pria yang masing-masing membawa tombak yang biasanya hanya ditampilkan pada saat upacara adat Ngayu Ayu yang dirayakan 3 tahun sekali.

Selain Tari Tandang Mendet, Pemerintah Provinsi NTB bekerjasama dengan DMO Sembalun juga mempersembahkan Tari Pangkureong, dan sebuah penampilan khusus dari Gamelan Srikandi NTB yang dipimpin oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.

Penampilan Gamelan Srikandi NTB berhasil memukau peserta dan pengunjung, termasuk masyarakat lokal dan turis asing yang sedang berlibur di Sembalun. Keberhasilan ini tidak hanya disebabkan oleh alunan suara indah gamelan yang memukau, tetapi juga karena keindahan syair-syair Sasak yang disenandungkan langsung oleh Wagub NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.

Penampilan Gamelan Srikandi tersebut seolah menjadi sebuah hadiah istimewa bagi masyarakat Sembalun karena dipersembahkan langsung oleh Wakil Gubernur NTB.

Salah seorang pengunjung bernama Harbi asal Desa Sembalun Bumbung, bahkan menyatakan rasa bangganya menyaksikan penampilan Gamelan Srikandi NTB.

“Ternyata Ibu Wagub, suaranya bagus sekali. Kami sangat bangga bisa mendengarkan syair syair yang beliau lantunkan.” kata Harbi saat diskusi dengan Tim BPPD NTB. Minggu, 17/09/2023.

Sementara itu, salah seorang pelaku UMKM, Maulidatul Aini pemilik Angkringan Rangga Pande yang juga sempat mengungkapkan hal serupa.

“Saya sangat senang sekali bisa melihat Bu Wagub secara langsung. Bisa mendengarkan beliau nembang Sasak adalah sebuah pengalaman istimewa.” Kata Maulida.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah provinsi NTB atas diadakannya event Wellness of Sembalun yang sudah membantu meningkatkan penjualan produk kuliner yang dijualnya.

SRIKANDI NTB tidak hanya sekedar menghibur, semua anggotanya tampil All Out dan sukses menghipnotis para pengunjung dengan alunan suara gamelan yang berpadu dengan syair syair dari kidung Sasak yang indah dan sarat makna.

Pada awal bulan September lalu, Gamelan Srikandi NTB juga sukses menjadi pusat perhatian ribuan orang pada ajang Travel Fair terbesar di Asia, yaitu MATTA FAIR Kuala Lumpur 2023.md

Check Also

Perjalanan ke Muasal, H. Dienullah Rayes

Dalam kandungan bundayang sembilan purnamaada janin menggeliatmencari pintu ingin keluarsaat itu napas ibu mengipas kerasantara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *