Rabu , Februari 21 2024

Rinjani Color Run 2023 Diikuti 1.300 Peserta

Sebanyak 1.300 peserta dari berbagai wilayah di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat meriahkan Rinjani Color Run dalam rangkaian kegiatan bertajuk Samalas Fest 2023 pada 26-27 Agustus di kawasan kaki Gunung Rinjani, Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Minggu.

Antusiasme peserta ini sudah mulai terlihat sejak pukul 07.00 WITA. Mereka
mendatangi res area Sembalun yang menjadi titik lokasi start dan finish kegiatan Rinjani Color Run lengkap dengan mengenakan kaos putih-putih.

Kepala Biro LKBN Antara NTB Riza Fahriza mengatakan kegiatan ini digelar untuk memperkenalkan dan menggairahkan kembali dunia pariwisata di Pulau Lombok khususnya kawasan Sembalun Rinjani yang nantinya berdampak ke segala sektor mulai dari industri UMKM, perhotelan, rumah makan, hingga masyarakat sekitar.

“Rinjani Color Run ini merupakan kegiatan puncak dari rangkaian Samalas Fest 2023 yang digelar di kawasan kaki Gunung Rinjani, Sembalun Kabupaten Lombok Timur,” ujarnya.

Ia menyebutkan para peserta diajak berlari di “atas awan” dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) sejauh 5 kilometer sembari melewati areal persawahan dan perkebunan yang diapit Gunung Rinjani, Bukit Anak Dara, dan Bukit Pergasingan.

Dirinya pun berharap para peserta dapat merasakan sensasi dan merasakan ketakjuban dengan keindahan alam yang dimiliki Sembalun Rinjani di Pulau Lombok.

“Nikmati lari ini karena luar biasa keindahan di areal Gunung Rinjani. Kami berharap peserta terkagum dengan keeksotikan alamnya,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Lombok Timur, Asrul Sani mengapresiasi kegiatan Rinjani Color Run yang dilaksanakan di kawasan wisata Sembalun.

“Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya

Adanya kegiatan ini, menurutnya berdampak pada multiplier effek yang bisa diperoleh masyarakat. Salah satunya peningkatan pariwisata dan pengembangan UMKM di Kabupaten Lombok Timur.

“Jadi ini sangat positif,” kata Asrul.

Untuk itu, ia pun berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini. Namun harus terus dilaksanakan secara berkesinambungan. Mengingat dampaknya cukup besar bagi masyarakat, khususnya Sembalun. Terutama dalam pengembangan sport tourism (wisata olahraga), rekreasi dan olahraga prestasi.

“Jadi kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Sembalun khususnya dan Lombok Timur secara keseluruhan, semoga Rinjani Color Run terus dilaksanakan,” katanya.

Kegiatan Rinjani Color Run 2023 dikemas dalam agenda Samalas Fest 2023, yang di dalamnya ada pertunjukan musik dan budaya.

Kegiatan musik dan kultur Samalas Fest 2023 digelar pada 26 Agustus 2023 dan Rinjani Color Run pada 27 Agustus 2023.

Check Also

Kalsel Siap Sambut Tamu Wartawan Seluruh Indonesia

Pemprov Kalsel bersama dengan PWI setempat memaparkan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: