Sabtu , Juni 22 2024

Event Fim Asia Road Racing Championship tahun 2023 di Mandalika

Lombok Tengah, Literasi – Sebanyak 400 personel Gabungan Polda NTB dan Polres Lombok Tengah terlibat mengamankan event Fim Asia Road Racing Championship tahun 2023 yang berlangsung 11 -13 Agustus 2023 di Sircuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Mengawali Pengamanan pada event tersebut Polda NTB melaksanakan Apel kesiapan bertempat lapangan parkir sirkuit Mandalika yang dipimpin oleh Direktur Pamobvit Polda NTB Kombes Pol Suprayitno SH., S.I.K., selaku Kepala Pengamanan (Kapam) Jum’at (11/08/2023) dilanjutkan dengan steriliasi pada hari berikutnya.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, SH., S.I.K mengatakan dalam kegiatan pengamanan tersebut Polda NTB melibatkan kurang lebih 400 personel gabungan. Tujuan pengamanan adalah untuk mengawal agar selama event yang dihadiri oleh peserta dari berbagai negara di Asia tersebut berjalan dengan lancar sehingga akan berdampak kepada citra daerah kedepannya.

 “Dalam pengamanan seluruh personel yang terlibat telah beri arahan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) dimana dalam setiap tindakan yang dilakukan haruslah dengan cara-cara yang humanis namun tetap tegas, dalam pengaman ini satgas juga di lengkapi sarana prasana Polri, “kata Arman.

“Yang harus diperhatikan oleh personel pengaman adalah keselamatan masyarakat, pengunjung, penyelenggara dan Pembalap serta keselamatan personel sendiri,”pungkasnya.

Sementara itu pada Sabtu, anggota Unit Polsatwa Ditsamapta Polda NTB bersama Tim Gegana Satbrimobda NTB melaksanakan  “Sterilisasi Event FIM Asia Road Racing Championship Tahun 2023” dengan menggunakan Satwa K-9 yang dipimpin Kanit Satwa, IPDA I Made Triana.

Direktur Samapta Polda NTB, Kombes Pol. Frido Situmorang, S.H, S.I.K saat dikonfirmasi oleh media, menyampaikan bahwa gabungan personel Unit Polsatwa Ditsamapta Polda NTB bersama dengan Tim Gegana Satbrimob Polda NTB benar melaksanakan kegiatan sterilisasi di Paddock dan Tribun Stand A Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/8/23).

Timnya mengerahkan Polisi K-9 menggunakan 2 satwa anjing K-9 Khusus Handak (Bahan Peledak) atas nama Bonny dan Feia bahwa Pasukan Anjing K-9. Kedua Satwa tersebut selain digunakan sebagai pelacak kriminal, bantuan SAR, pengurai massa pada demo dan pelacak Narkotika, Satwa K-9 bisa digunakan sebagai pelacak handak (Bahan Peledak) pada event-event Internasional maupun Nasional.

 “Kita saling kerja sama dengan Satuan Gegana Satbrimobda Polda NTB untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif agar Event FIM Asia Road Racing Championship Tahun 2023 dapat berjalan dengan aman dan lancar.” ungkap Frido seraya berharap dengan melaksanakan sterilisasi menggunakan satwa K-9 ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman terhadap penonton, pembalap dan penyelenggara event tersebut sehingga kedepannya Sirkuit Mandalika tetap digunakan untuk ajang balap baik Nasional, Asia dan Internasional.hm

Check Also

NTB Tuan Rumah Konferensi Internasional, Motivasi Bagi Pelaku UMKM

Pj Sekda NTB Ibnu Salim diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. H Fathul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *