Rabu , April 17 2024
Kunjungan Tim Universitas Indonesia terkait Implementasi Lanjutan Kerjasama UI dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat,

Pengembangan Ekosistem Digitalisasi Keuangan Desa Wisata, Begini Kata Gubernur NTB

Menerima kunjungan Tim Universitas Indonesia terkait Implementasi Lanjutan Kerjasama UI dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Gubernur Dr H Zulkieflimansyah, SE, MSc mendukung penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Model Bisnis Pengembangan Ekosistem Digitalisasi Keuangan Desa Wisata dan UMKM Daerah bersama mitra UI.

“Bersama senior senior dari Universitas Indonesia yang berkunjung ke NTB, Insya Allah akan membantu pembangunan ekosistem digital kita di sini,” ujar Bang Zul di Pendopo Gubernur, Selasa (08/08).

Dikatakan, Andri Syahreza, Kasubdit Kerjasama Bisnis UI, program ini telah dilakukan survey dan ujicoba di Desa Wisata Kuta dan Rembitan.

“Hasil simulasi terutama untuk transaksi pembayaran non tunai seperti PayPal dan kartu kredit masih menjadi kendala,” katanya.

Untuk itu, ekosistem digital ini akan mengajak para pihak seperti bank daerah, Bumdes, UMKM dan pebisnis wisata setempat mulai menggunakan keuangan digital.

Dijelaskannya, digitalisasi ini tidak saja tentang cara pembayaran digital namun lebih jauh untuk peningkatan retribusi dan pajak daerah, trend pasar sampai potensi pendapatan dengan rekam digital transaksi keuangan. Untuk itu, pihaknya dalam beberapa pekan kedepan akan melakukan sosialisasi dan installment di beberapa desa wisata di NTB. Program ini dibiayai dari dana hibah UI sebagai pengabdian dan kontribusi universitas terbesar di tanah air itu.

Hadir pula Dr. Eko Sakapurnama, Kasubdit Kerjasama Akademik dan Pemerintah, Aswin Hade, Kasubdit Kerjasama Pengembangan Aset, Suprapti, Kasie Kerjasama Akademik dan Pemerintah, Sherly Angraini, Staf Kerjasama didampingi Kadis Pariwisata, Kadis Koperasi UKM, Ka. Bapenda, Ka. Bappeda, Pimpinan Bank NTB
dan Pimpinan BPR. (jm)

Check Also

Ada Bintara Kompetensi Khusus Pariwisata, Pendaftaran Akpol Ditutup 19 April 2024

Pendaftaran penerimaan terpadu Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara, dan Tamtama tahun 2024 akan segera berakhir. Kabid …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: