Rabu , April 17 2024
Gubernur Zulkieflimansyah

Ini Harapan Gubernur Terhadap Dewan Kebudayaan

Mataram, Literasi-Sebagai identitas, kebudayaan masyarakat Nusa Tenggara Barat harus dikenal luas dan menjadi bagian penting dari peradaban dunia.

“Dewan Kebudayaan Daerah harus berpikir besar. Bisa berkiprah di dunia global dengan identitas yang melekat sebagai orang NTB,” ujar Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, SE, MSc di pendopo Gubernur.

Hal itu dikatakannya usai pengukuhan pengurus Dewan Kebudayaan Daerah NTB periode 2023 – 2028. Ditambahkannya, setiap orang harus memiliki peran penting dalam kepengurusan agar kebudayaan NTB tetap terjaga sebagai citra orang NTB.

Fairuzzabadi, SH, ketua Dewan Kebudayaan Daerah NTB mengatakan, strategi utama adalah pemajuan kebudayaan.

“Artinya, seluruh perilaku kebudayaan kita harus mampu menyesuaikan dengan kekinian tanpa meninggalkan tradisi atau menafikan perubahan zaman,” jelasnya.

Dikatakannya, mempertahankan tradisi dan mengembangkan kebudayaan di era teknologi digital membutuhkan kearifan.

Strategi kebudayaan menurut Fairuz adalah pelestarian, perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan.

Ditegaskannya, Dewan Kebudayaan akan mengelola kekayaan budaya yang ada. Selebihnya adalah tugas kelompok kelompok masyarakat yang bekerja atas dasar kebudayaan seperti tata kelola pertanian, perkebunan, transportasi, kesenian dan lain lain tetap memelihara tradisi yang baik.

Hadir pula dalam pengukuhan Dewan Kebudayaan Daerah, para kepala OPD, perwakilan lembaga kemasyarakatan dan akademisi serta praktisi kebudayaan. (jm)

Check Also

Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center Ditutup

Mataram, Literasi- Pj Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, menutup Gelegar Pesona Khazanah …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: