Minggu , Juni 16 2024

Siswa SMKN 1 Sumbawa Besar Bertandang ke STP Mataram, Berharap Keberlanjutan Pendidikan

Mataram, Literasi-Siswa SMKN 1 Sumbawa Besar melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, Jumat (16/6). Sebanyak 22 pelajar dengan tiga orang guru pendamping  yang dipimpin Teguh Handoko itu, berharap keberlanjutan pendidikan selepas dari SMK.

Rombongan diterima langsung Ketua STP Mataram, Dr.Halus Mandala, M.Hum, Kepala Lembaga Kerjasama dan Kehumasa, Bratayasa, M.Par,  Kepala LKS dan sejumlah dosen  Dalam kesempatan tersebut berlangsug presentasi oleh Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Ander Sriwi dan Kaprodi D3 Perhotelan, Lalu Yulendra dilanjutkan dialog dan pertunjukan band mahasiswa setempat yang memukau.

“Tampilannya bagus sekali, juga sudah banyak prestasi-prestasinya,” kata salah seorang siswa, Andila Saputri, menilai penampilan kelompok band itu. Selain memuji kampus yang terawat dan bagus, ia pun meyakini STP sebagai pilihan utama untuk jenjang berikutnya. “Penjelasan yang disampaikan cukup menarik, mungkin bakal jadi pilihan,” lanjut Andila.

Pimpinan Rombongan, Teguh Handoko, mengatakan kunjungan dilakukan tidak lain agar siswa-siswi SMKN 1 Sumbawa Besar  bisa lebih mengetahui pendidikan di kampus setempat dan dunia pariwisata supaya bisa melanjutkan jenjang pendidikan kepariwisataannya.

Ketua STP Mataram bersama Pimpinan Rombongan SMKN 1 Sumbawa Besar

“Terutama tidak terputus di SMK,” kata Teguh. “Jadi, tadinya mereka jurusan usaha perjalanan wisata (UPW). Mereka bisa mengetahui bahwa di perguruan tinggi pun ada lanjutan studinya  supaya mereka lebih menguasai, lebih mumpuni dalam bidang pariwisata sehingga tidak terputus ilmunya,” jelasnya.

Menurut Teguh, sementara ini kebanyakan siswa-siswi setelah dari SMK beralih ke jenjang pendidikan lain. Karena itu diharapkan mulai saat ini  memilih jenjang pendidikan yang lebih tepat agar mengenal luas dunia pariwisata.  Hal utama, kata dia, ilmunya bisa berguna bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kepala Lembaga Kerjasama dan Kehumasan STP Mataram, Bratayasa, M.Par., mengatakan sampai saat ini STP Mataram tetap menjadi pilihan utama bagi siswa/siswi yang memiliki jurusan sama yaitu pariwisata, “Tentu kunjungan ini menjadikan STP masih menjadi prioritas,” ujarnya.

Rombongan SMKN 1 Sumbawa Besar menilai kelengkapan fasilitas yang dimiliki seperti hotel, laboratorium, lab kichen, lab pastry, dan lain-lain, yang mampu menjadi tempat praktik unggulan. ian

Check Also

Begini Cara Pj. Sekda Promosikan Pariwisata NTB

PJ Sekda NTB bersyukur atas kehadiran SSDN LXVII, yang memilih Provinsi NTB untuk melaksanakan studi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *