Rabu , April 17 2024

Simakrama di Pelosok Dusun, Kapolda NTB Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Mataram, Literasi- Guna menjalin komunikasi dengan masyarakat di wilayah hukumnya, Kapolda NTB beserta segenap PJU melaksanak Simakrama atau Silaturahmi ke Pelosok Dusun di Kabupaten Lombok Barat, Jum’at (26/05/2023)

Kegiatan yang berlangsung di Pure Maksan Amertha Sari Dusun Montong Galur, Desa Giri Madya, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, tersebut dihadiri Kapolda NTB serta beberapa PJU Polda, Kapolresta Mataram beserta PJU Polresta, Camat Lingsar, Danramil Lingsar, Kades Giri Madya, Kadus Montong Galur, tokoh agama Islam dan tokoh agama Hindu desa setempat serta perwakilan masyarakat Hindu yang tinggal di dusun tersebut.

Disamping kegiatan Simakrama yang berlangsung di Pure Dusun setempat, Kapolda NTB beserta rombongan melakukan bakti sosial berupa pemberian bantuan material berupa semen kepada panitia pembangunan Pure Maksan Amertha Sari Dusun Montong Galur dan panitia pembangunan Mushalla Nurul Islah Desa Giri Madya, Kecamatan Lingsar.

Kapolda juga menyerahkan 3 unit kursi roda untuk warga setempat yang membutuhkan serta puluhan paket Bansos lainnya seperti nutrisi lansia dan anak-anak serta paket sembako bagi warga yang sangat membutuhkan.

Kegiatan itu berlangsung hangat dan riang gembira dimana pada kesempatan tersebut Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, memberikan kesempatan kepada masyarakat menyampaikan keluh kesah serta berdialog langsung dengan orang nomor satu di Kepolisian Daerah Provinsi NTB tersebut.

Pada kesempatan itu, pria yang kerap disa Djoko tersebut mengajak kepada seluruh masyarakat agar kebersamaan terus dipupuk dan dipelihara sehingga kondusifitas di wilayah ini akan tetap terjaga dengan baik dalam rangka menciptakan Kamtibmas untuk semua masyarakat.

“Kami bisa hadir disini bersama temen-temen dari berbagai suku agama merupakan pembuktian bahwa dusun ini sangat menanamkan rasa toleransi, saling menghargai antar sesama serta mampu memberikan tempat dan ruang kepada siapapun yang datang ke Dusun ini.Melihat aktifitas masyarakat seperti sekarang ini dapat disimpulkan bahwa di Dusun ini Aman dan Damai,”tegas Kapolda.

Kapolda NTB juga menyampaikan pesan kepada seluruh yang hadir terutama kepada kaum ibu-ibu agar betul-betul berhati-hati dan waspada bilamana masyarakat menerima informasi terutama dari media sosial.

Kedatangan Kapolda dalam acara Simakrama atau Silaturahmi ini bertujuan untuk membangun komunikasi dengan masyarakat, karena dengan komunikasi yang lancar seluruh potensi persoalan yang akan timbul ditengah-tengah masyarakat dapat diatasi secara bersama – sama.

“Dengan terjalinnya komunikasi yang baik dan hangat antar masyarakat maka tugas kita bersama menjaga situasi aman dan nyaman tentu akan mudah terwujud. Saya berharap komunikasi yang baik ini terjaga dengan baik karena dengan komunikasi rasa saling menghargai, saling toleransi, serta saling pengertian antar sesama akan terus muncul,” harap Kapolda NTB.

Salah seorang warga dusun setempat yang turut hadir dalam Simakrama tersebut, Gede (32), warga Dusun Montong Galur, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kapolda NTB yang telah Sudi dan berkesempatan menginjakkan kaki di Dusun yang bila kita lihat cukup terpencil itu.

“Saya sebagai masyarakat cukup bangga karena sekelas Jenderal Bintang Dua bisa menginjakkan kaki di pelosok Dusun saya ini,”ucapnya terharu.

Gede selanjutnya menuturkan bahwa keadaan masyarakat di dusunnya rata-rata hidup dari pohon Aren, namun sangat banyak tantangan yang harus dihadapi dengan mata pencaharian dari pohon Aren.

“Semua masyarakat disini hidupnya bersumber dari petani pohon Aren karena hanya satu-satunya sumber penghidupan di Dusun kami ini. Mohon kiranya kami dicarikan solusi agar sumber penghidupan kami dapat berjalan lancar,” katanya. Hm

Check Also

Wisata Pemandian Alami Peningkatan Pengunjung, Polres Loteng Intensifkan Patroli

Kepolisian Resor Lombok Tengah meningkatkan patroli dan pengamanan di tempat-tempat wisata pada hari ke empat …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: