Minggu , Juni 16 2024

MXGP Sumbawa-Lombok, Gencarkan Promosi Wisata

Mataram, Literasi-Ajang Motocross Grand Prix (MXGP) yang digelar di Lombok dan Sumbawa sudah di depan mata. Pemerintah Provinsi NTB diharapkan lebih menggencarkan lagi promosi wisata.

“Kami mendorong agar pemerintah daerah (pemda) lebih memasifkan promosi destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) jelang Motocross Grand Prix (MXGP),” kata Staf Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Taufan Rahmadi dalam rapat tim publikasi dan komunikasi MXGP Lombok Sumbawa, Kamis (11/5/2023) di Ruang Rapat Kadiskominfotik NTB.

Dikatakan, Kemenparekraf tetap memberikan support terkait publikasi MXGPdi NTB ini. Dukungan branding media harus semakin diperkuat agar masyarakat yang memperoleh informasi terkait event ini juga bisa merasakan dampak positif. Konten-konten destinasi pariwisata melalui berbagai media informasi termasuk penguatan social media juga harus diperluas untuk mendukung suksesnya event ini.
“Karena event MXGP ini exposurenya tidak hanya nasional tetapi juga menjangkau negara-negara mancanegara yang berpotensi sebagai originasi dari wisman yang berkunjung ke NTB. Karena itu kita dorong pemerintah untuk memasifkan promosi pariwisata baik offline ataupun online. Tentunya ditunjang juga dengan beragam atraksi dan paket-paket perjalanan yang menarik,” kata putra NTB ini.


Sementara itu Syarif dari Dispar NTB senada dengan Instruksi Gubernur NTB terkait dengan pembagian peran yang merata kepada masing-masing OPD untuk mendukung suksesnya pelaksanaan kedua event internasional MXGP Samota, Sumbawa dan MXGP Selaparang, Lombok.

“Dari Dispar NTB sendiri tetap fokus pada pengembangan dan upaya memajukan destinasi wisata yang ada di sekitar kegiatan. Ketika masyarakat atau tamu itu datang mereka tahu, mereka mau kemana destinasi yang mana saja mereka datangi,” ujar Syarif.

Dikatakan, yang diharapkan dari kedatangan wisatawan nantinya pada dua lokasi MXGP ini bisa mengunjungi sejumlah destinasi wisata sekitar, membeli produk-produk asli dari NTB bagi pembwerdayaan ekonomi kreatif para pelaku UMKM.

Kecuali itu pihak Dispar NTB juga untuk mengambil peran kesiapan pasilitas akomodasi seperti hotel-hotel bagi penginapan para wisatawan. “Selain itu juga kita sama-sama sepakat agar berbagai informasi terkait MXGP ini terus berkelanjutan yang dimulai dari sekarang,” demikian Syarif.

Sementara itu Humas MXGP Baiq Yulia menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan media center untuk mengakses berbagai informasi terkait pelaksanaan MXGP Sumbawa ataupun Selaparang. Ia juga mengapresiasi dimulainya pemberitaan berbagai media internasional MXGP di NTB ini twerkait berbagai persiapan pelaksaaan MXGP ini.

“Kita tetap secara intens juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait utamanya media untuk bisa mempublikasikan MXGP ini dari saat ini,” demikian Baiq Yulia. Kmf

Check Also

Gowes Jilid 4 Kapolres Lombok Utara

Kapolres Lombok Utara, AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K.,M.Si., bersama sejumlah Pejabat Utama Polres Lombok Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *