Kamis , Juli 18 2024

Labuhan Lombok Masuk 75 Besar ADWI 2023, Apa Saja Keunggulannya?

LOMBOK TIMUR, Literasi- Desa Wisata Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur masuk 75 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Lantas apa saja keunggulan desa wisata ini? Desa Wisata Labuhan Lombok memiliki destinasi unggulan terintegrasi yaitu obyek wisata Bukit Kayangan.

Bukit yang terletak di ketinggian 89 mdpl ini menawarkan keindahan alam dengan view laut dan pegunungan.

Dari puncak bukit, wisatawan bisa melihat lalu lalang kapal nelayan, kapal niaga dan kapal penyebarangan ferry Labuhan Lombok – Poto Tano, tepat berada di depan bukit.

Destinasi seluas 11 hektar ini, menyediakan spot foto yang menarik dan instagramable. Ada lokasi camping ground, rumah adat berisi pernak pernik Sasak dan Bugis selaras dengan keragaman penduduk desa setempat.

Dari Bukit Kayangan, semua obyek wisata terintegrasi di lokasi ini. Destinasi ini penyambung obyek wisata lainnya.

“Misalnya saja bagi yang ingin menikmati keindahan bawah laut dengan diving maupun snorkling atau tujuan lainnya, akan mendapatkan informasi, bahkan bisa melakukan reservasi di lokasi ini, ” ujar Pengelola Bukit Kayangan, Abdul Haris Munandar, Jumat (12/05/2023).

“Posisi Bukit Kayangan menjadi penunjang pusat informasi pariwisata di Desa Labuhan Lombok, ” sambungnya.

Selain wisata bawah laut, Desa Wisata Labuhan Lombok juga memiliki Museum Phinisi Perama Traditional Docking. Di museum ini, wisatawan akan menemukan barang dan perlengkapan yang akrab dengan penjelajahan laut ala nelayan tardisional. Benda – benda yang menyimpan banyak cerita perjuangan nelayan mengarungi lautan.

Museum phinisi ini sekaligus menjadi salah satu sarana meningkatkan literasi sosiologi masyarakat pesisir yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Obyek wisata lainnya yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Goa Biawak. Obyek wisata di tepi laut Labuhan Lombok ini penuh dengan bebatuan dan di sela batu muncul biawak dalam jumlah banyak. Biasanya di musim tertentu.

Tak kalah dengan Bukit Kayangan, obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur Iswan Rakhmadi mengapresiasi keberhasilan pembangunan pariwisata berkelanjutan sebagai modal utama pembangunan desa wisata Labuhan Lombok.

Keberhasilan ini, kata Iswan, tidak lepas dari kolaborasi dan sinergi semua pelaku wisata terutama kaum muda dan pemerintah desa.

“Kita apresiasi kesadaran para pelaku wisata yang terus berbenah meningkatkan kualitas dan pelayanan di objek wisata, ” ucapnya.

“Karna itu kita berharap Desa Wisata Labuhan Lombok dapat berprestasi dan merebut momentum pada ADWI 2023 ini, “imbuh Iswan.

Kini, Desa Labuhan Lombok bersiap menuju lima besar ADWI 2023. Tim penilai akan turun lapangan tanggal 16 Mei 2023. Dilanjutkan dengan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno tanggal 17 Mei 2023.lr

Check Also

Menikmati Pesona Rinjani Dari Gunung Loang Dares

Anda hobi mendaki gunung? Gunung Loang Dares di Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba Lombok Timur mungkin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *