Minggu , Juni 16 2024

Pertunjukan Kolosal “INEN GUMI” akan Warnai WSBK

Mataram, Literasi – Menyukseskan Event World Superbike (WSBK) 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 03 – 05 Maret 2023 di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit. Pemerintah Provinsi NTB akan mempersembahkan pertunjukan kolosal “Inen Gumi” yang akan melibatkan sebanyak 210 pegiat seni dan budaya dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi NTB.

“Puncak dari pertunjukan seni dan budaya ini akan ditutup persembahan INEN GUMI,” tutur Ketua BPPD NTB Baiq Ika Wahyu Wardani gelar konferensi pers yang berlangsung di Kantor BPPD NTB, Rabu (01/03).

INEN GUMI adalah sebuah pertunjukan kolosal yang melibatkan sekitar 210 orang pegiat seni dan budaya dari 10 Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi NTB.

Mba Ika sapaan akrabnya, yang juga merupakan konseptor dari pertunjukan tersebut menjelaskan, pertunjukan kolosal INEN GUMI menyiratkan pesan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat kita tentunya tidak luput dari berbagai macam konflik, perseteruan dan bahkan pertikaian yang akan di ilustrasikan melalui duel Gendang Beleq dan Peresean.

“Agar bisa terbebas dari konflik dan perseteruan tersebut, diperlukan kesadaran diri yang tinggi bahwa musuh yang sesungguhnya ada di dalam diri kita masing masing. Untuk dapat mencapai kesadaran tersebut, bumi dan juga isinya, termasuk kita, perlu di Sembek Gumi atau Berkati Bumi dalam bahasa Indonesia. Situasi ini akan di gambarkan melalui Ritual Penyembek,” katanya.

Ia juga menambahkan, bahwa ketika bumi dibaluti dengan kedamian makan akan terciptanya sebuah keindahan dan masyarakat akan hidup dalam kebahagiaan.

“Ketika bumi dan manusia sudah mulai berdamai, dunia akan diselimuti dengan keindahan dan masyarakat hidup dalam kebahagiaan yang akan di ilustrasikan melalui Tari Cilinaya,” ungkapnya.

Selain itu, panggung hiburan akan terbagi di dua lokasi, Lombok Sumbawa Fair akan mempersembahkan musik hiburan yang menampilkan banyak artis lokal NTB yang sudah mendapatkan rekognisi nasional seperti Desy Natalia X Factor, Abhy Summer, Gita KDI, The Datu, Amtenar, Wet Band, Gokil Boys, Tanaman Kaktus, Discopanthera dan band legendaris, Jamrud.

“Berlokasi di Festival Stage, para artis tersebut siap menghibur para penonton dengan lagu lagu hits mereka,” ucapnya.

Sementara itu di lokasi Paddock, Pit Walk dan Starting Grid, berbagai pertunjukan kesenian dan budaya siap membawa penonton hanyut ke dalam nuansa keindahan seni dan tradisi yang telah membentuk jati diri masyarakat Nusa Tenggara Barat.kmf

Check Also

Begini Cara Pj. Sekda Promosikan Pariwisata NTB

PJ Sekda NTB bersyukur atas kehadiran SSDN LXVII, yang memilih Provinsi NTB untuk melaksanakan studi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *