Minggu , April 21 2024
Rapat Koordinasi Angkutan Darat Dinas Perhubungan NTB

NTB Destinasi Wisata Dunia, Konektifitas Tingkatkan Kepuasan Pengunjung

Konektifitas dan transportasi di destinasi wisata adalah instrumen krusial. Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah, MPd, saat membuka Rapat Koordinasi Angkutan Darat Dinas Perhubungan NTB di Hotel Lombok Raya, Mataram, Selasa (28/02).

“NTB sudah menjadi destinasi wisata dunia. Transportasi darat laut dan udara serta konektifitasnya akan meningkatkan kepuasan orang yang berkunjung ke NTB,” ujar Wagub.

Kondisi ini, menurut Wagub, harus mendapat perhatian dan menjadi kerja bersama seluruh pihak agar infrastruktur transportasi menjadi layanan yang excellent yang meliputi akses, kenyamanan dan keamanan standar.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, HL Faozal, mengatakan fasilitas transportasi NTB seperti angkutan, terminal dan jalan raya secara umum sudah baik.

“Namun manajemen transportasi publik harus dibarengi dengan kesadaran maayarakat,” ujarnya.

Ia menekankan, pekerjaan rumah terbesar adalah angkutan darat dalam provinsi yang bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Disebutkan, masih banyak yang menggunakan angkutan bak terbuka untuk angkutan orang, kelaikan angkutan publik antar pulau maupun angkutan barang over kapasitas.

Di sisi lain, pihaknya telah mengelola terminal tipe B di Bima dan Sumbawa dengan fasilitas yang baik. Tinggal terminal Renteng, Tanjung dan pelabuhan Bangsal yang masih harus dilakukan penertiban dan peningkatan fasilitas. Begitupula dengan ruas jalan nasional yang baik masih belum dilengkapi dengan fasilitas rambu keselamatan yang baik. Ia menambahkan pula lalu lintas kapal pesiar di Gili Mas juga sudah beraktifitaa dengan masuknya enam kapal pesiar tahun ini.

Hadir dalamacara itu Dirlantas Polda, Jasa Raharja, Organda, PO Damri, Pertamina, ITDC dan perusahaan angkutan.(jm)

Check Also

Kapolres Lombok Utara Pimpin Patroli Air

Kapolres Lombok Utara, AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K.,M.Si., memimpin patroli air sebagai bagian dari pengamanan …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: