Senin , Juni 17 2024
Ayam Bakar Family Ocet

Ayam Bakar Family Ocet yang Digemari Wisatawan

Ayam Bakar Family Ocet, itulah usaha yang berada di Dusun Benteng, Desa Lendang Nangka Utara, Kecamatan Masbagik. Ayam bakar ini menjadi buruan para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Tete Batu.

Berdekatan dengan beberapa bungalow di Tete Batu Selatan, ayam bakar Family Ocet terkenal karena memiliki menu dengan cita rasa yang khas  bumbu Desa Kotaraja. Kekhasan ini sekaligus mewarnai Kabupaten Lombok Timur yang kaya dengan aneka  kuliner.

Menu utamanya masing-masing ayam bakar kota dan ayam bakar madu/pejantan yang rasanya khas lidah Lombok. Tidak hanya itu, warung ini juga menyediakan ayam geprek dan sate yang tidak kalah enaknya.

 Rasa bumbu yang khas membuat ayam bakar Family Ocet tidak hanya diburu warga setempat tetapi juga menjadi buruan para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Tete Batu.

Menurut Nany Herlina, pemilik warung ayam setempat,bumbu yang digunakkan pada ayam bakar dan sate langsung dibuatnya sendiri. Para pelayannya hanya tinggal melakukan pekerjaannya masing-masing seperti membumbui, memasak, menggoreng dan membakar.

 Adapun cara membuat ayam bakar Family Ocet yakni, memberikan perasan air jeruk dan mendiamkanya selama 30. Sedangkan bumbu pelengkap terdiri  dari garam, cabe, kunyit, serai, laos, daun jeruk, daun salam, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, merica, lengkuas, jahe, dan sedikit gula. Kemudian  ayam diungkep menggunakan bumbu yang sudah digiling. Selanjutnya  ayam dibakar.

 Setiap hari warung ayam bakar ini menghabiskan 20-25 ekor ayama. Karena suasana pedesaan masih sangat kental, warung ini pun mengikuti selera masyarakat yang memperhitungkan ukuran besar ayamnya tetapi harganya murah meriah.

Harga ayam bakar dibandrol dengan Rp 50 ribu, ayam bakar madu/pejantan Rp 60 ribu  sampai dengan Rp 70 ribu sesuai ukuran, harga  ayam geprek Rp 10 ribu dan harga sate  Rp 2 ribu.

Untuk mendapatkan ayam bakar Family Ocet harus dipesan terlebih dahulu melalui handphone  atau bisa langsung memesannya  ke tempat usaha. Kalau tidak dipesan terlebih dahulu biasanya tidak dapat ayam bakarnya.

Family Ocet ,sesuai dengan namanya, dikelola oleh satu keluarga. Usaha keluarga ini  memberikan keuntungan sendiri dari sisi manajemen dengan  tujuan untuk memudahkan sirkulasi pemasukan dan pengeluaran. sarmi

Check Also

Personil Sat Polairud Polres Bima Kota Bersama Masyarakat Gelar Aksi Bersih Pantai dan Laut

Dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia 2024, personel Sat Polairud Polres Bima Kota bersama masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *