Selasa , Desember 5 2023

Pohon Purba Lian, Sensasi Masa Lalu

Pohon purba Lian di Pringgabaya

Kabupaten Lombok Timur di Provinsi Nusa Tenggara Barat, memendam banyak keindahan alam yang terbentang dari pantai hingga pegunungan. Keindahan alamnya yang luar biasa menarik banyak minat wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya yang tergolong unik adalah keindahan alam yang dihiasi pohon-pohon berukura besar yaitu Pohon Purba Lian yang berada di Kecamatan Pringgabaya.

Keunikan pohon purba ini karena ukurannya yang tidak seperti biasa, menjulang dengan ketinggian sampai 40 meter. Jumlah pohon ini pun tidak sedikit yang membuat areal di sekitarnya memendam aura keteduhan yang berbeda dibandingkan obyek wisata alam lainnya.

Pohon purba itu berada di pinggir jalan utama di atas areal sekira 4 hektar yang berdekatan dengan obyek wisata pantai di Pringgabaya. Namun, lokasi yang biasa dikunjungi warga dan dijadikan obyek wisata hanya mencapai 1,5 hektar dan menjadi milik pribadi. Di areal ini terdapat pula berugaq dengan para pedagang yang setia menemani pengunjung yang berdatangan sejak pagi hingga sore hari.

Tempat untuk berselfie

Untuk menuju obyek wisata yang berada di Dusun Permatan, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur, itu diperlukan waktu perjalanan 1 jam dari Kota Selong dengan menggunakan kendaraan.  Berlokasi di sebelah kiri jalan dari arah Selong, pepohonan akan nampak menjulang dilihat dari jalan raya. Pepohonan itu diperkirakani sudah tumbuh sebelum masuknya Belanda ke Indonesia.

Salah seorang pengunjung, Maya, mengaku tertarik dengan keunikannya. Apalagi ukuranya yang raksasa memiliki diameter sangat lebar. Setelah didekati, ia merasa tidk cukup melingkarkan tangan dengan empat anggota keluarga untuk bisa memeluk pohon itu.

Selain ketinggiannya yang menjulang, guratan-guratan pada batang pohong membangun nuansa  tersendiri seolah-olah kita berada di alam yang berbeda dimasa lalu. Karena itulah berada di antara peopohonan raksasa menjadi sensasi tersendiri bagi para pengunjung yang begitu sampai akan langsung terkagum-kagum dan segera turun dari atas kendaraan menuju batang-batang yang menjulang itu untuk berselfie ria.ian

Check Also

Jabar Lakukan Temu Bisnis dan Pengembangan Jaringan antara UMKM di NTB, Begini Kata Bunda Lale

Mataram, Literasi – Penjabat Ketua TP – PKK Provinsi NTB, Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: