Kamis , Juli 18 2024
Bupati seusai membuka Festival IKkon Berindu 2019

Festival Ikkon Berindu 2019 di Sembalun

Lombok Timur,Literasi-Bupati H.M.Sukiman Azmy menghimbau untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam  Lombok Timur yang lengkap dan melimpah. Jika dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik sebagai media inovasi dan kreasi, hal itu akan bernilai lebih tinggi dibandingkan dengan sekarang.

“Inovasi  sangat dibutuhkan dalam meningkatkan harkat dan martabat hidup,” kata Bupati Lombok Timur,H.M.Sukiman Azmy, dalam sambutannya saat membuka acara Festival Ikkon Berindu 2019 yang diselenggarakan oleh Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (Ikkon) Kabupaten Lombok Timur  dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Acara berlangsung Sabtu ( 19/10), di Rumah Adat Makam Berugak Reban Bande Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun. 

.Bupati H.M.Sukiman Azmy mengemukakan acara spektakuler ini baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Lombok Timur. “Terlebih lagi acara ini dilaksanakan di Kecamatan Sembalun, yang penuh dengan sejarah,” ungkapnya seraya menyampaikan apresiasi dan atas nama masyarakat dan Pemda Lombok Timur  kepada Ikkon pada khususnya dan Bekraf pada umumnya yang telah memasilitasi Kabupaten Lombok Timur sehingga dapat dikenal di dunia luar.

”Banyak Inovasi dan kreasi yang bernuansa baru telah dihasilkan, tentu itu merupakan akumulasi apa yang telah diperbuat selama ini, inovasi itu sangat dibutuhkan dalam meningkatkan harkat dan martabat taraf hidup. Begitu pula dengan kreasi barang bekas  yang nampak tidak berharga dan sangat tidak berarti, akan tetapi ketika dibuat menjadi kreasi, dimodifikasi dan diinovasi maka akan sangat berharga dan bernilai ekonomis,” jelasnya.

Bupati Sukiman berharap  bukan hanya yang dihasilkan sekarang ini saja yang dipamerkan,  melainkan ada inovasi-inovasi baru karena Lombok Timur memiliki Sumber Daya Alam yang sangat sempurna dan lengkap. “Jika sumber daya alam ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sudah barang tentu  inovasi dan kreasi yang dihasilkan akan bernilai ekonomi lebih tinggi dibandingkan dengan sekarang ini,” harapnya.

Atas inovasi dan kreasi tersebut, kata dia, pemerintah daerah akan mengintegrasikan kegiatan ini dengan program tahunan Festival Pesona Gumi Selaparang dan akan memasilitasi kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif,  Muhammad Amin, dalam sambutanya menyampaikan, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (Ikkon). Program ini memberikan semangat bekerja bersama secara melingkar dengan lima baling-baling diantaranya pemerintah, akademisi, pers, pelaku bisnis dan komunitas. Melalui spirit bersama diharapkan melecut  semangat bersama  Pemerintah Pusat dalam hal ini Bekraf dengan Pemda dan segenap Penta Helix (lima baling-balig) memajukan Bekraf di Lombok Timur sampai ke tingkat Pusat sesuai tema Perindu 2019.

Ikkon merupakan program dengan konsep live in designer berkolaborasi antara profesional di bidang kreatif, perajin lokal, dan pemangku kepentingan di daerah. Sejak 2016, Bekraf melalui Ikkon telah mendukung pengembangan ekraf daerah di 15 kota/kabupaten dengan mengembangkan produk yang sudah ada maupun menciptakan produk kreatif baru.

Tahun ini Ikkon digelar di lima kabupaten/kota yaitu Aceh Utara (Aceh), Tanjung Pinang (Bangka-Belitung), Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat), Kupang (Nusa Tenggara Timur), dan Tomohon (Sulawesi Utara).hm

Check Also

DI BAWAH EMPER LANGIT SUMBAWA

Puisi Dienullah Rayes   Kita lahir,hadir di bumi Tuhan maha tinggi dalam umur yang terukur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *