Senin , April 29 2024
Petugas PLN tengah memeriksa gardu induk milik PLN NTB yang berada di Kuta, Lombok Tengah

PLN Siap Pasok Kebutuhan Listrik di Sirkuit MotoGP

MATARAM, Literasi – General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka, mengatakan, kesiapan pihaknya memenuhi kebutuhan listrik untuk gelaran MotoGP. Gelaran MotoGP di Indonesia ini akan dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada 2021.

          “Yang pasti, untuk KEK Mandalika, kami siap mendukung penuh kelistrikannya, termasuk untuk MotoGP pada 2021 nanti,” ujar Rudi menjawab wartawan, Senin (4/3).

          Menurut Rudi, pembangunan kelistrikan untuk mendukung KEK Mandalika sudah dilaksanakan PLN sejak jauh-jauh hari. Ia menyebutkan, pada April 2015 PLN telah mengoperasikan satu gardu induk berkapasitas 30 Megavolt Ampere (MVA) di daerah Kuta, Lombok Tengah, dan telah memasok listrik ke KEK Mandalika dan sekitarnya.

          Selain itu,  untuk rumah tangga, sudah ada beberapa hotel yang menggunakan gardu induk tersebut. “Tapi, penggunaannya saat ini masih sekitar 8,7 MW atau 28 persen dari kapasitas yang ada,” kata dia.

Rudi menjelaskan, PLN siap menambah kapasitas Gardu Induk Kuta hingga 60 MVA jika kapasitas gardu induk yang ada telah digunakan secara maksimal untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan listrik di KEK Mandalika, termasuk kesiapan MotoGP 2021 dengan berbagai infrastruktur penunjangnya.

          Sementara dari sisi pasokan daya,  pihaknya telah mempersiapkan secara matang. Apalagi, saat ini sistem kelistrikan Lombok memiliki kapasitas pembangkit sebesar 267 Megawatt (MW), dengan beban puncak sebesar 237 MW.

          Rudi menuturkan, pada tahun ini sistem kelistrikan Lombok juga akan mendapat tambahan daya sebesar 150 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Uap (PLTMGU) Lombok Peaker dan PLTU Jeranjang Unit 2 berkapasitas 25 MW.

          “Cadangan daya cukup, apalagi ada tambahan 175 MW dari Lombok Peaker dan PLTU Jeranjang Unit 2. Jadi tidak perlu khawatir masalah daya listrik untuk kawasan Mandalika dan gelaran MotoGP. Kami akan koordinasi dengan ITDC selaku pengembang Mandalika. Intinya PLN siap mendukung,” jelas dia.

          Rudi berharap ketersediaan listrik yang cukup dapat mempermudah dan meningkatkan kenyamanan pengelola KEK Mandalika untuk mengatur dan mengembangkan kelistrikan di kawasan tersebut. “Misalnya untuk hotel, restoran, pusat perbelanjaan, maupun untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan bertaraf internasional seperti balap MotoGP,” tandas dia. RUL.

Check Also

Pj.Gubernur Yakin NTB EMAS jadi Visi Bersama Kabupaten Kota

Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi optmis visi daerah tahun 2025 – 2045, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: