Sabtu , Juni 22 2024
Puluhan mahasiswa dan alumni STP Mataram mengikuti kuliah umum dari pihak Santika Hotel

Lewat “Santika Day 2019”, Santika Hotel Sasar Mahasiswa dan Alumni STP Mataram

MATARAM,Literasi-Santika Hotel menyasar mahasiswa semesteri V dan alumni Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram. Karena itu, sejak 21-23 Januari 2019 digelar “Santika Day 2019” di Balroom Hotel Vaganza.

Sri Susanti, M.Par

“Santika Day 2019” dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti kuliah umum bertema “Sukses Meraih Peluang Kerja di Sektor Pariwisata” yang diisi sejumlah dedengkot dan akademisi pariwisata Dr.Marhani dan Reza Bovier.

Kepala Pusat Kantor Karier & Tracee Studi STP Mataram, Sri Susanti, M.Par., Rabu (23/1), mengemukakan, acara itu merupakan rangkaian dari rekrutmen mahasiswa dan alumni STP Mataram. Pasalnya, Santika tengah membuka hotel di Senggigi bernama “Kayana”.

Diperkirakan ratusan tenaga kerja dibutuhkan untuk mengisi peluang kerja yang masih belum terisi di sana. Pihak SPT Mataram sendiri menghadirkan 20-an mahasiswa dan alumni pada acara tersebut walaupun terdapat 65 orang yang melayangkan lamaran.

“Mereka yang hadir sedikit itu kemungkinan karena yang lainnya sudah mendapatkan pekerjaan,” cetusnya.

Pihak Santika sendiri selama ini cukup sering mengincar alumni STP Mataram. Terbukti tahun lalu acara serupa juga digelar. Bahkan alumni STP Mataram menyebar hampir di seluruh hotel di NTB. “Beberapa di antaranya menduduki posisi penting seperti general manager,” kata Sri Susanti.

Terkait digunakannya STP sebagai tempat perekrutan, Sri mengatakan hal itu tidak lepas dari kerjasama yang sudah lama dijalin. Disamping itu, pihak hotel sudah sangat memperhitungkan kualitas alumni sehingga memberi kepercayaan kepada STP Mataram.

Beberapa faktor yang menentukan seorang alumni bisa menduduki jabatan masing-masing kualifikasi pendidikan, kompetensi dan pengalaman kerja.

“Ini sering menjadi tolok ukur pihak hotel,” katanya. Itulah sebabnya, STP Mataram tidak hanya menelorkan alumni D3, melainkan juga sudah membuka S1 pariwisata guna lebih meningkatkan standarisasi kelulusan yang bisa memenuhi kebutuhan dunia pariwisata.

Berdasarkan data yang diperoleh, alumni D3 dari daerah lain di Jawa kini banyak yang melanjutkan ke S1 Pariwisata STP Mataram. Bahkan karena itu, ruang kuliah yang dibuka untuk S1 lebih dari satu karena tingginya peminat. STP Mataram sendiri kini mengelola hotel dengan 20 kamar dilengkapi meeting room dan ballroom berkapasitas 900 orang. ian

Check Also

NTB Tuan Rumah Konferensi Internasional, Motivasi Bagi Pelaku UMKM

Pj Sekda NTB Ibnu Salim diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. H Fathul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *