Minggu , November 28 2021
Home / Dinamika / Desa Batuyang Siapkan Potensi SDA untuk Wisata

Desa Batuyang Siapkan Potensi SDA untuk Wisata

Rusdi Zain

SELONG, Literaai – Batuyang termasuk salah satu desa dengan 13 kekadusan. Potensinya sebagai andalan untuk.meningkatkan kesejahteraan masyarakat cukup banyak, mulai dari pertanian, keindahan alam, seni budaya, kerajinan, dan lain- lain.

Salah satu potensi dalam menyiapkan program pengembangan Wisata Desa adalah waduk yang berada di Dusun Senang.

Rusdi Zain, Kades Batuyang Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur (Lotim), Kamis (18/11) memaparkan pihaknya rekomendasikan ke Pemprov NTB potensi itu saat disurvei beberapa waktu lalu. “Alhamdulillah pihak BWS NTB sudah menyurvei ke sini (Embung Senang),” katanya, di ruang Kantor Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya Lotim.

Rusdi Zain menjelaskan, Embung Senang akan ditata sesuai kaidah Sapta Pesona. Areal Embung Senang memiliki luas hektaran dengan sebagian di antaranya berupa kawasan hutan kecil.

“Luas areal embung diperkirakan antara 3 sampai dengan 4 hektar are. Di antaranya seluas 70 are. Selain dari pengangkatan sedimen Embung, nantinya penataan juga kita lakukan. Beberapa antaranya adalah ada rekreasi bagi anak- anak, dan lainnya,” terang Rusdi Zain.

Sementara itu, Mulyadi Sangsit, Ketua Karang Taruna Gema Muda Tunas Harapan Desa Batuyang, juga menyampaikan bahwa pihaknya menjadi bagian penting dari keberadaan Embung Senang.

Kata dia, Karang Taruna terlibat bersinergi dengan Pemdes dan Pokdarwis. Dengan demikian, dalam perjalanan proses pembangunan destinasi wisata Desa Batuyang nanti menjadi komplit dan menghindari adanya kecemburuan sosial. “Sehingga kami dari Karang Taruna terlibat dalam kepengurusan Pokdarwis,” katanya.

Beberapa kegiatan penataan Waduk Senang nantinya adalah masalah lingkungan. ” Salah satu antaranya adalah penghijauan di sekitar embung,” kata Guru SDN 2 Batuyang ini (Kus).

About literasi

Check Also

Inilah Skema “Zero Down Time” ala PLN NTB di Mandalika

FOTO. Petugas PLN Wilayah NTB terus mengecek kesiapan jaringan listrik di wilayah Mandalika, Lombok Tengah. …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: