Senin , Oktober 25 2021
Home / Obyek Wisata / WISATA RELIGI, ANDALAN DESA WANASABA

WISATA RELIGI, ANDALAN DESA WANASABA

Haji Misnun, SH., Kades Wanasaba Lotim (Foto : Kusmiardi, Kamis 14 Oktober 2021).

SELONG, Literasi- Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba memiliki potensi yang bisa menjadi andalan dalam memacu pertumbuhan perekonomian rakyat dan pedesaan. Potensi tersebut berupa hasil kerajinan (pembuatan pagar), hasil pertanian, seni budaya, dan tempat bersejarah bernilai religi. Namun, setelah adanya pemekaran desa maka sebagian potensi menjadi andalan desa baru.

“Pembuatan Pagar Bambu saat ini menjadi potensi Desa Wanasaba Lauk,” kata Haji Misnum, Kades Wanasaba, Kamis 14/10/2021. Menurut dia, yang masih menjadi andalan Desa Wanasaba adalah tempat bersejarah. “Yang sangat potensial menjadi andalan adalah Situs Makam Beru,” lanjutnya..

Lebih jauh Misnun, Destinasi Wisata Religi dimaksud tak jauh dari Kantor Desa (500 meter), di pinggir jalan menuju Desa Bebidas. Kata dia, oleh masyarakat tempat tersebut dijadikan lokasi pemakaman Umum. Dulu, dikenal sebagai tempat kubur (petilasan) seorang Walyullah dalam masa abad 13 M (1200 an M).

Karena tak dikenal namanya, oleh masyarakat disebut sebagai Makam Beru, mengingat di tempat tersebut pada masa itu ada pohon besar yang oleh masyarakat setempat disebut pohon Beru. “Tak diketahui makam siapa di sana, kalau ingin mengenal lebih jauh bisa temui pemangku Makam Beru yangj rumahnya tak jauh dari sini,” katanya.

Sementara itu Jupel (Juru Pelihara) Makam Beru, Haji Lalu Sukradis, S.Pd., menyampaikan bahwa Situs Makam Beru yang ada di Desa Wanasaba diangkat oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Timur (Lotim).

“Alhamdulillah Makam ini banyak mendapat perhatian dan dikunjungi warga masyarakat, mengingat mereka tahu makam ini merupakan tempat petilasan Walyullah pada masa abad 13 M,” kata Haji Lalu Suktadis, S.Pd (Kus).

About literasi

Check Also

Desa Selaparang Siap Kawal Wisata Religi

Lalu Andi Taupik Hidayat, A.Md SELONG, Literasi -Situs Makam Selaparang merupakan salah satu andalan Desa …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: