Rabu , Januari 19 2022

Dari Bukit Savana hingga Kebun Kakao Desa Bebidas

Flyingj Fox Pokdarwis Rinjani Perkasa Desa Bebidad

SELONG, Literasi- Pokdarwis Rinjani Perkasa Desa Bebidas di Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur, membentuk 4 Paket Wisata yaitu masing-masing Wisata Pendakian, Wisata Atraksi dan Pemandangan Alam, Wisata Edukasi, Wisata Homstay.

Keempat paket wisata ini akan memanjakan para pengunjung dengan berbagai wahana yang disiapkan sesuai dengan kondisi alam Destinasi Wisata Desa Bebidas, yang terpusat di bagjian utara dan selatan.

Di bagian utara dengan topografi perbukitan, terasering, dan landai. Sementara di bagian selatan merupakan wilayah datar potensi. Kedua wilayah Destinasi Wisata ini menebarkan hawa sejuk rada dingin, karena memang di antaranya sebagian besar merupakan bagian dari kawasan wilayah dingin hutan TNGR (Taman Nasional Gunungj Rinjani).

Kebun Kakao Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba Lotim

Wahana yang menjadi pilihan para wisatawan adalah pendakian Bukit Savana Propok, bukit Kondo, dan bukit Gedong. Semuanya ada di Jurang Koak yang merupakan bagian dari badan kawasan TNGR.

Selanjutnya pengunjung disediakan tempat atraksi dan pemandangan alam, dengan wahana Flying Fox dengan lintasan di atas persawahan terasering, Camping ground dan jalur sepeda di kawasan yang agak landai di antara perbukitan dan terasering yang sedikit datar.

Kemudian Wisata Edukasi dengan Wahana Kebun Kakao di bagian selatan (perkampungan Dusun Bebidas dan sekitarnya), wahana Penangkaran Rusa di kawasan bagian utara sekitar Jurang Koak (kawasan hutan TNGR).

“Kita bekerjasama dengan pihak Balai TNGR. Sementara khusus untuk penangkaran Rusa bekerjasama dengan pihak Universitas Mataram,” kata Susanto, Wakil Ketua Pokdarwis Rinjani Perkasa Desa Bebidas Kecamatan Wanasaba Lotim, Senin 02/08/2021.

Susanto menjelaskan, di bagian pinggir dekat dengan jalan utama sepanjang jalan Jurang Koak menuju wisata Sembbalun akan ditempatkan lapak-lapak untuk berjualan bagi masyarakat. Para penggiat kuliner tradisional khas Sasak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya untuk ikut ambil bagian.

“Pun demikian halnya para petani Kakao (Coklat) di bagian selatan (perkampungan Dusun Bebidas sekitarnya). Pemberdayaan masyarakat petani Kakao akan meningkatkan pendapatan dan penataan perekonomian ke arah yang lebih baih,” terangnya.

Susanto mengapresiasi, apa yang digiatkan pihak Pokdarwis dalam pembangun Destinasi Wisata Desa Bebidas akan membawa dampak positif ke depan yaitu pemanfaatan SDA dengan maksimal arif dan bijaksana, menekan angka pengangguran sekecil mungkin, dan menciptakan lapangan kerja.

“Insyaa Allah dengan kerjasama yang baik antar semua komponen dan dengan dukungan pemerintah …. Pokdarwis Rinjani Perkasa optimis bisa membawa Desa Bebidas sebagai Desa Wisata yang potensial, maju, berhasil, sejahtera, dan mandiri,” tutupnya (Kus).

Check Also

Pantai Kuranji, Obyek Wisata Murah Meriah Masyarakat Perkotaan

Pantai Kuranji Lobar, Literasi-Situasi pandemic belakangan yang kian surut membangkitkan kembali gairah berwisata. Para “peziarah” …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: