Jumat , Maret 29 2024

Angkat Potensi Kasidah Kabupaten Bima

Pengurus Lasqi Kabupaten Bima

Mataram, Literasi-Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Seni dan Qasidah  Indonesia (DPW LASQI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, menyampaikan harapannya agar ketua dan pengurus DPW LASQI Kabupaten Bima masa bakti 2021-2025, mengangkat dan mengembangkan potensi seni dan kasidah di Kabupaten Bima.

“Kabupaten Bima memiliki potensi yang sangat bagus dibidang seni dan kasidah. Bahkan kiprahnya sudah merambah tingkat Nasional untuk mewakili provinsi NTB, falam berbagai festival LASQI,” pesan Bunda Niken sapaan akrab Ketua DPW LASQI Provinsi NTB, saat melantik pengurus DPW LASQI Kabupaten Bima, Senin (12/4/2021) di Kantor Bupati Bima Godo Kec. Woha.

Oleh sebab itu, kata dia. potensi ini harus di angkat dan dikembangkan agar bisa bersaing dengan kabupaten yang ada diseluruh Indonesia.

Dalam pembinaan LASQI bukan hanya sekedar lomba di tingkat kabupaten atau provinsi, tapi juga bagaimana pembinaan dilakukan di tingkat kecamatan hingga desa.

‘Alangkah indahnya, apabila kesenian tradisional seni islam dan kasidah  dapat diarahkan sebagai alternatif hiburan bagi masyarakat. Sehingga anak-anak, remaja, hingga dewasa mencintai ini. Dan dapat dipentaskan pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan,” paparnya.

Disamping kasidah rebana, ada juga kasidah kolabirasi, yang menampilkan seniman tari, suara untuk ikut menampilkan performance yang indah dilihat dan didengar.

“Ini tanggungjawab LASQI, untuk terus perkenalkan seni islam dan kasidah,” harap Niken.

Untuk itu, sinergi dan kerjasama antar pengurus yang memiliki potensi dan bakat dalam koreografer seni dan kasidah harus terus dibangun dan dijaga.

Ketua TP.PKK NTB ini juga mengapresiasi ketua dan kepengurusan DPW LASQI Kabupaten Bima yang telah memiliki pengurus hingga tingkat kecamatan.

Terbukti hari ini, pelantikan pengurus DPW Kabupaten, juga sudah memiliki ketua DPW kecamatan. “Ini tidak terlepas dari tangan dingin ketua LASQI Kabupaten,” pujinya.

Dalam waktu dekat Provinsi NTB akan menjadi tuan rumah festival LASQI tingkat Nasional yang direncanakan berlangsung bulan Oktober 2021.
 
“Harapannya Kabupaten Bima, dapat menampilkan performance terbaiknya, dengan pengurus baru ini,” kata istri Gubernur NTB.

Sementara itu, Wakil Bupati Bima, H. Dahlan M. Noer, mengaku bahwa terbentuknya LASQI dapat memberikan kemajuan bagi seni dan kasidah di kabupaten Bima.

Harus menjadi perhatian bersama, mulai bergesernya budaya lagu bernuansa religi dan seni islam ditengah masyarakat. Kegiatan sosial kemasyarakatan kini banyak diisi dengan lagu berirama dangdut campuran.

“Maka perlu diisi dengan seni budaya dan kasidah,” kata Wabup seraya menambahkan tujuan lainnya adalah mendongkrak dunia pariwisata di Bima dan NTB pada umumnya. “Apalagi kasidah ini sudah membuming di masyarakat Indonesia,” katanya.

Ketua DPW LASQI Kabupaten Bima, Hj. Rostiati Dahlan, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas keluangan waktu  Ketua DPW LASQI Provinsi NTB, yang telah memberikan perhatian kepada pengurus baru.

“Terima kasih kepada Hj. Niken Saptarini, telah bersama kami hari ini,” kata ketua TP.PKK Kabupaten Bima.

Ia mengatakan akan terus berbenah dan membawa kepengurusan DPW LASQI Kabupaten Bima lebih baik lagi.

Usai kegiatan tersebut, Ketua DPW LASQI NTB menyerahkan secara simbolis bantuan paket untuk korban banjir di Kabupaten Bima, kepada ketua DPW LASQI Kabupaten Bima.

Pelantikan juga dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten Bima, pengurus DPW LASQI Provinsi NTB dan Kabupaten Bima. edy

Check Also

TERSINA ZAMAN BERJALAN, Puisi H.Dienullah Rayes

Batu agung di punggung gununghidup diam sedang merenungpara penjual jasa berbaring di lambungnya. Pemecah batu …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: