Jumat , Februari 26 2021
Home / Dinamika / DPRD Sebut Proyek Sesuai Target, Fasilitas Mandalika Siap Operasi Tahun Depan

DPRD Sebut Proyek Sesuai Target, Fasilitas Mandalika Siap Operasi Tahun Depan

FOTO. Anggota Komisi IV DPRD NTB H. Ruslan Turmudzi bersama Ketua DPRD Hj. Baiq Isvie Rupaedah saat memantau dan mengecek progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika di KEK  Mandalika, Loteng

MATARAM, Literasi- Sejumlah fasilitas penunjang untuk penyelenggaraan event internasional MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, siap beroperasi pada Juli tahun depan.

Fasilitas itu berupa perluasan terminal, pengembangan fasilitas kargo, dan perpanjangan runway di Bandara Internasional Lombok.

Sementara, jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok hingga KEK Mandalika sepanjang 17 kilometer harus tuntas pada Agustus 2021.

Anggota Komisi IV DPRD NTB Bidang Fisik, Infrastruktur, Pembangunan dan Lingkungan Hidup, H. Ruslan Turmudzi mengatensi progres pengerjaan proyek fisik di kawasan Mandalika yang kini terus berjalan.

Ia mengatensi, dorongan dari pemerintah pusat yang terus mengawasi secara langsung perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika hingga bisa tepat waktu.

“Dari pantauan kami, Alhamdulillah semua progres pembangunan fisik berjalan dengan baik. Saya yakin jika melihat metodologi dan cara-cara pengerjaan proyeknya, akan bisa berjalan tepat waktu,” kata Ruslan pada wartawan usai melakukan kunjungan lapangan ke proyek Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (22/1).

Ruslan mengakui masalah lahan belum sepenuhnya tuntas. Namun lokasinya berada di luar sirkuit MotoGP.

“Yang jadi pokok persoalan itu selama ini masalah lahan. Kalau pengerjaannya kan sudah ada pemenangnya,” ucapnya.

Selain itu, realisasi uang konsinyasi kepada masyarakat juga sudah selesai.

“Saya memantau apakah benar dana konsinyasi sudah diterima masyarakat, itu sudah selesai juga. Tinggal melakukan pembongkaran secara pribadi oleh masyarakat,” tegas Ruslan.

Kedatangan Dorna sangat penting untuk menentukan kesiapan sirkuit yang akan digunakan pada tahun ini, terkait homologasi.

Diketahui, kejuaraan World Superbike (WSBK) berlangsung 8 November 2021 di Sirkuit Mandalika. Pada masa yang hampir bersamaan, dia juga menyatakan kejuaraan MotoGP juga terselenggara pada November 2021.

World Superbike dan MotoGP sama-sama ajang balap sepeda motor dunia. Perbedaannya, sepeda motor yang digunakan oleh pebalap MotoGP khusus dirancang untuk adu cepat. Sementara sepeda motor di World Superbike adalah kendaraan yang diperjualbelikan secara komersil.

“Kedua ajang balap sepeda motor, World Superbike dan MotoGP berlangsung di Sirkuit Mandalika,” jelas Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Isu dan Tindak Lanjut Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika di Ruang Kerja Gubernur NTB, Rabu (20/1) lalu. RUL.

About literasi

Check Also

Hari Peduli Sampah Nasional Diwarnai Aksi Bersih-bersih 50 Desa Wisata

Wagub pada aksi bersih bersih 50 desa wisata Mataram, literasi-Sebanyak 50 desa wisata di NTB …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: