Jumat , Februari 26 2021
Home / World / Sports / Sandiaga Lari 500 Meter dan Renang di Mandalika

Sandiaga Lari 500 Meter dan Renang di Mandalika

Sandiaga Uno

MATARAM, Literasi – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, melakukan kegiatan olahraga triathlon di kawasan The Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah,  Sabtu (16/1). Sandiaga memulainya dengan berenang sepanjang 500 meter dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 7 km dan berlari dengan menempuh jarak 2,5 km. 

”Kami baru saja menyelesaikan triathlon trial. Setelah mencoba berenang, bersepeda, dan berlari, saya merasakan infrastruktur di sini sangat mendukung,” ujar Sandiaga Uno pada wartawan.

Triathlon trial, kata Sandi, merupakan bagian persiapan untuk mulai menggunakan The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang difokuskan pada Sport Tourism. Berkat dukungan ITDC dan komunitas olahraga, The Mandalika adalah tempat yang layak untuk sport tourism.

Sandiaga berharap komunitas bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan ITDC untuk mulai menyusun event-event sepanjang tahun 2021 menjelang pelaksanaan MotoGP. Hal tersebut dilakukan agar bisa meningkatkan semangat dan motivasi. Selain itu, gaung MotoGP bisa terasa di seluruh wilayah Nusantara.

“Nantinya ada event-event yang akan kami coba kolaborasikan untuk menjadi calendar of event. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Covid-19 yang ketat,” ucapnya.

Triatlon sendiri sebuah kompetisi yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.

“Kami rencananya mau bikin mini triatlon di Mandalika dan di Likupang, karena praktis kan enggak ada kegiatan karena covid-19,” ucap Sandiaga.

Menurut Sandiaga, rencana untuk mengadakan even olahraga Triatlon di Pulau Lombok telah pula disampaikannya saat rapat bersama Komisi X DPR RI pada Kamis (14/1) lalu.

Ia mengungkapkan, banyak lokasi pariwisata di Indonesia yang menarik dikembangkan untuk wisata olahraga atau sport tourism. Mandalika atau Likupang, kata dia, hanya dua di antaranya.

“Betul banget daerah-daerah wisata itu untuk gowes (bersepeda), untuk sport tourism luar biasa,” tegas Sandiaga.

Sebelumnya pengembangan sport tourism tersebut juga pernah ia lakukan saat menjadi wakil gubernur DKI Jakarta. Pada 2018, ia pernah menggelar ‘Tidung Aquathlon’ untuk mengembangkan potensi wisata di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Saat itu wisata olahraga memang menjadi salah satu langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengenalkan potensi pariwisata daerahnya.

Selain sport tourism, Sandiaga juga menyampaikan kementerian akan mengupayakan pembentukan atraksi dan daya tarik baru di Indonesia. Selanjutnya, juga membangun citra untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta akselerasi wisata domestik.

“Kami ingin menjadikan Indonesia sebagai destinasi pilihan di Asia Tenggara,” tandasnya. 

Terpisah, Direktur Utama PT ITDC, Abdulbar M Mansoer, mengatakan The Mandalika siap menjadi sport tourism unggulan di Indonesia. Kawasan The Mandalika sangat lengkap sehingga bisa disiapkan untuk olahraga apapun.

Selain MotoGP dan WSBK, lanskap The Mandalika cocok untuk olahraga menikmati alam di mana ada 5 pantai, bukit dan gunung yang bisa digunakan untuk trekking serta kegiatan olahraga paralayang. Bahkan, Kemenpora pun sudah menyetujui membangun Mandalika Sports Complex.

“Jadi, kami sangat welcome sekali apabila Kemenparekraf dan komunitas olahraga lainnya ingin memanfaatkan fasilitas the Mandalika,” tandasnya. RUL

About literasi

Check Also

Bendungan Meninting Miliki Track Sepeda Berstandar Internasional

Peninjauan ke Bendungan Meninting Mataram, Literaai- Proses pembangungan Bendungan Meninting terus digenjot agar dapat selesai …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: