Jumat , Februari 26 2021
Home / Dinamika / Jadikan Mandalika “Spot Tourism”

Jadikan Mandalika “Spot Tourism”

FOTO. Menparekraf Sandiaga Uno didampingi  Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat bertemu dengan Tuan Guru Bajang (TGB) di Mataram. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, Literasi- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu Mantan Gubernur NTB periode 2008-2018, Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi atau yang dikenal dengan Tuan Guru Bajang (TGB), Sabtu malam (16/1).

Didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Sandiaga mengatakan jika dirinya telah diamanahkan Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan dan Presiden Joko Widodo agar sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 bisa bangkit kembali.Sehingga, lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif akan bisa pulih kedepannya.

“Berdiskusi dengan TGB adalah penting karena beliau adalah tokoh nasional dari daerah yang tahu betul akan kondisi wilayahnya. Prinsipnya, dukungan dari tokoh bangsa dan daerah kita perlukan dalam memajukukan dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga pada wartawan, Minggu (17/1).

Menurut dia, dirinya akan fokus bagaimana lima destinasi super prioritas dilengkapi bukan hanya infrastruktur, tapi juga seluruh aspek dari penyediaan fasilitas maupun atraksi budaya.

“Tarian, penginapan, dari segi toilet, dan seluruh persiapan dari tujuan wisata termasuk ekonomi kreatif, yaitu kuliner, fashion dan kerajinannya,” ujar Sandiaga.

Ia menyatakan, Provinsi NTB. Yakni, kawasan Mandalika yang masuk dalam lima destinasi super prioritas akan fokus digarap secara cepat, salah satunya adalah Sports Tourism (pariwisata olahraga)

“Tapi, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan dengan baik. Saya yakin konsep wisata ini dapat menciptakan banyak lapangan kerja. Nah di Mandalika akan saya lakukan hal itu,” tegas Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan, dengan telah adanya vaksin Covid-19, maka di tahun ini akan tercipta herd immunity. Namun, kata dia, sebelum itu kementerian harus fokus pada wisatawan nusantara. Menurutnya, dengan ada 55 juta kelas menengah Indonesia yang bisa menjadi target pasar wisatawan nusantara.

Dia mengatakan aspek keberlanjutan juga menjadi perhatian kementerian. Dia akan berupaya agar sampah, bisa dikelola menjadi energi.

Dia berharap di masa pandemi Covid-19 ini, muncul inovasi di bidang ekonomi kreatif, kelautan dan perikanan, terumbu karang, pertanian, hi tech yang bisa menjadi penopang sektor itu ke depan. RUL.

About literasi

Check Also

Hari Peduli Sampah Nasional Diwarnai Aksi Bersih-bersih 50 Desa Wisata

Wagub pada aksi bersih bersih 50 desa wisata Mataram, literasi-Sebanyak 50 desa wisata di NTB …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: