Jumat , Oktober 30 2020
Home / Obyek Wisata / Mengenal Desa Wisata Unggulan di Lombok Utara

Mengenal Desa Wisata Unggulan di Lombok Utara

Inilah Desa Wisata Kerujuk


Lombok Utara, Literasi – Nama Dusun Kerujuk di Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU), kian populer. Desa ini telah menyandang status Desa Wisata karena memiliki panorama alam pedesaan yang begitu indah dan alami dipoles dengan kearifan lokalnya yang masih kental. Kedua faktor itu membuat desa ini menjadi desa wisata unggulan di Lombok Utara yang makin ramai dikunjungi wisatawan.


Salah satu pengurus Pokdarwis Dusun Kerujuk, Hulaili, mengungkapkan pengembangan Kerujuk bermula dari inisiasi pemuda-pemudi desa yang peduli terhadap kelestarian lingkungan usai diterpa banjir dan tanah longsor pada 2002. Mereka pun menggelar event budaya desa dan kegiatan konservasi alam.

“Situs budaya yang direvitalisasi yakni situs yang hampir punah. Misalnya makam Loang Landak, makam Kubur Atas, dan Batu Melesong. Mereka melakukan pemugaran situs budaya termasuk konservasi alam, reboisasi, dan menanam pohon bambu,” kata Hulaili akhir pekan lalu,


Di kawasan wisata Kerujuk, wisatawan tak perlu risau akan variasi konsumsi. Di sini sudah tersedia berbagai makanan olahan tradisonal warga setempat dan kuliner yang diramu secara alami. Ada sayur-mayur berupa plecing dan kuah kelor, tahu, tempe, kerupuk, ikan, ares bebahan batang pisang, bahkan rembaung dari bungkil bambu muda.


Ia menambahkan, di kawasan Desa Wisata Kerujuk ini juga tersedia flying fox dan jalur trekking. Trekking terbagi menjadi berkeliling rumah warga dan susur sungai atau keliling kebun, sawah, serta camping ground.


“Desa wisata ini begitu nyaman untuk dikunjungi. Rindangnya pepohonan dari berbaga jenis buah bisa dinikmati pengunjung. Paket wisata lainnya juga bisa dinikmati seperti menyusuri sungai seharian hingga ketemu lima air terjun. Seperti Loang Bukal, Tiu Kelambu, dan Tiu Pane yang berketinggian antara 10-12 meter,” jelasnya.


Pokdarwis Kerujuk Lestari juga menginisisi berdirinya Laboratorium Bambu. Beragam tanaman bambu yang tumbuh di Lombok dan Indonesia ditanam di tempat ini.


“Bambu banyak manfaat di Lombok Utara. Di antaranya untuk pembangunan rumah ataupun berugak Lombok (gazebo-Red) dan keranda mayat bagi warga yang meninggal. Aspek ekologisnya, bambu diketahui menyimpan air jauh lebih banyak dari tanaman lain,” ujar pengurus Pokdarwis lainnya, Lukman Hakim. (her)

About literasi

Check Also

Ada Pantai Pink 2 di Lombok Timur

Pantai Pink 2 SELONG, Literasi – Kebanyakan wisatawan masih hanya mengenal Pantai Pink. Namun belum …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: