Senin , September 28 2020
Home / Kajian / Puluhan Penyelam P3LS Lakukan Pembersihan Bawah Laut Teluk Nara

Puluhan Penyelam P3LS Lakukan Pembersihan Bawah Laut Teluk Nara

Inilah penyelam yang mengangkat sampah dari Teluk Nara

MATARAM, Literasi – Sebanyak 30 penyelam dari Komunitas Penyelam Profesional Pulau Lombok dan Sumbawa (P3LS) NTB bersama jajaran TNI AL dan Basarnas NTB melakukan kegiatan pembersihan bawah laut di Teluk Nara, KLU.

Kegiatan yang berlangsung sejak Selasa (2/9) hingga Jumat (4/9) menjadi langkah nyata kepedulian pada lingkungan perairan dalam mendukung dan menyukseskan program zero waste Pemprov NTB.

“Yang utama kami ingin berperan aktif dalam mendukung Pulau Lombok bersih di darat dan lautnya,” ujar Sekretaris P3LS NTB, Zulkarnadi dalam siaran tertulisnya, Jumat (4/9).

Ia mengatakan, dipilihnya kawasan Teluk Nara yang merupakan perairan menuju kawasan Tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Air), sebagai area pembersihan, lantaran Teluk Nara terkenal akan biota kecil dari berbagai species yang sangat cocok untuk kegiatan fotografi makro.

Menurut Zulkarnadi, tumpukan sampah yang terkumpul dari hasil pembersihan bawah laut akan dipisahkan berdasarkan jenis sampahnya.

“Nantinya sampah itu akan ditimbang oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB guna selanjutnya dibawa ke TPA milik Provinsi di Kebon Kongok, Lombok Barat,” kata dia.

Zulkarnadi berharap kegiatan pembersihan bawah laut akan membuat sampah-sampah yang ada di dasar laut bisa berkurang.  Sebab, pesona bawah laut yang didalamnya ada kegiatan diving (menyelam), justru merupakan salah satu andalan pariwisata di provinsi NTB.

“Kalau pantai dan lautnya indah jelas akan membuat nyaman wisatawan untuk betah berlama-lama di NTB. Hasilnya, potensi PAD bagi pelaku wisata, masyarakat dan pemda juga akan bisa meningkat,” tandasnya.

P3LS NTB dibentuk tahun 2018 dengan jumlah anggota hingga saat ini mencapai sebanyak 84 orang. Dimana, merekaterdiri dari Instruktur Diving, Dive Master dan para Diver di Lombok.

Zulkarnadi menambahkan, selain pembersihan bawah laut, pihaknya juga melaksanakan kegiatan rutin lainnya. Diantaranya, penanaman terumbu karang, pelatihan diving untuk Pokdarwis, Pengibaran Bendera Merah Putih bawah laut, serta explorasi dive site baru di laut NTB untuk menambah preferensi dive spot bagi para penyelam seluruh dunia yang akan diving di provinsi NTB.

“Rencana kegiatan kedepan dari P3LS adalah mengadakan even fotografi dengan standar nasional, fin swimming, dan pembersihan bawah laut pada tanggal 12 September 2020 di Jambi Anom, KLU,” tandasnya.RUL.

About literasi

Check Also

Dekranasda NTB Bertekad Sukseskan MotoGP

Rapat pemgurus Dekranasda NTB Mataram,DS – NTB memiliki potensi budaya yang sangat memukau yang juga …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: