Senin , September 28 2020
Home / Dinamika / Lapak UMKM Mini Kontainer di Pantai Senja

Lapak UMKM Mini Kontainer di Pantai Senja

TGH Abdul Manan Lc bersama jajaran Fraksi PKS DPRD Kota Mataram tengah mencoba
sepeda listrik buatan UMKM NTB di Pantai Senja, Lingkungan Mapak, Kelurahan Jempong, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram

MATARAM, Literasi – Sebanyak empat unit lapak UMKM di Pantai Senja Lingkungan Mapak, Kelurahan Jempong, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, resmi dilaunching Calon Wakil Wali Kota Mataram, TGH Abdul Manan Lc.

Menariknya, politisi PKS itu datang bersama anggota Fraksi PKS DPRD Kota Mataram serta Ketua DPD PKS setempat menggunakan sepeda listrik buatan UMKM NTB.

TGH Abdul Manan mengatakan, kegiatan inspiratif yang dilakukannya bersama jajaran PKS Mataram sebagai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 kali ini, tidak lain guna mendukung program Gubernur NTB Zulkieflimansyah terkait gerakan “Cintai, Beli dan Gunakan Produk Lokal Buatan UMKM NTB”.

“Kegiatan saya bersama kawan-kawan PKS Mataram adalah bentuk komitmen untuk membangun dan menyupport UMKM. InsyaAllah dengan menyupport UMKM, maka secara otomatis akan membuat ekonomi menjadi kuat dan stabil,” ujar TGH Abdul Manan mebjawab wartawan, Senin (17/8).

Ketua MUI Mataram non aktif itu menjelaskan, jika kekuatan UMKM menjadi pilar dasar perekonomian daerah. Ini terbukti ketika terjadi beberapa kali situasi darurat, termasuk darurat Bencana Gempa 2018, UMKM mampu menopang geliat ekonomi di daerah. Begitu pun dengan kondisi darurat non bencana Covid 19 sekarang ini.

“Dari sejumlah pengalaman di NTB dan juga di beberapa darah lain, saat ekonomi dihantam tantangan bencana alam dan non alam, sektor UMKM yang menjadi pelecut bangkit kembali ekonomi daerah. Ini yang kita dorong di Kota Mataram,” jelas Manan.

Empat unit lapak UMKM terbuat dari kontainer mini. Lapak itu disalurkan untuk pelaku UMKM di kawasan Pantai Senja, agar menambah kenyamanan pengunjung dan wisatawan yang datang.

Pantai Senja memang belum setenar pantai Gading dan Pantai Mapak Indah, tetangganya. Namun, potensi wisata di kawasan ini cukup menjanjikan bisa serius dikembangkan.

Pantai batas senja tidak kalah indah Dan bersihnya. Dan letaknya pun berdekatan dengan Pantai Gading dan Pantai Mapak Indah.

“Sengaja kita pilih lokasi di Pantai Senja. Ini agar kawasan di pesisir Selatan Kota Mataram itu, semakin banyak pengunjung sehingga geliat ekonomi warga sekitar semakin meningkat kedepannya,” tegas TGH Abdul Manan.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS Kota Mataram Hj Istiningsih mengatakan, PKS sangat mendukung ide dan gagasan pasangan Calon Wali Jota dan Calon Wakil Wali Kota Mataram, Hj Putu Selly Andayani dan TGH Abdul Manan (Selly-Manan) terkait peningkatan dan pemberdayaan UMKM.

“Fraksi PKS Kota Mataram sejak awal memang konsern bagaimana mendorong UMKM untuk Mandiri, karena peran UMKM sangat penting dalam peningkatan kualitas ekonomi dan kehidupan masyarakat. Ini sejalan dengan gagasan Selly-Manan untuk Kota Mataram,” katanya.

Menurut dia, peluncuran lapak UMKM di Pantai Senja untuk pelaku UMKM binaan PKS diharapkan dapat menjadi triger bagi yang lain untuk tumbuh dan berkembang.

“Kita juga berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh pihak lain yang berwenang. Karena semakin banyak yang turut serta maka UMKM akan semakin bergeliat,” ungkap Istiningsih.

Selain bersepeda listrik dan meluncurkan lapak UMKM, TGH Abdul Manan bersama jajaran F-PKS Kota Mataram dan sejumlah warga masyarakat juga melakukan aksi bersih-bersih pantai di kawasan Pantai Senja. RUL.

About literasi

Check Also

Kaka Slank : Pulau Lombok Paling Siap Dikunjungi Wisatawan saat Pandemi

FOTO. Vokalis grup musik Slank, Kaka saat menjadi narasumber pada bincang “Revitalisasi Bumi” bertajuk sinergi …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: