Sabtu , September 26 2020
Home / Dinamika / Gandeng Pelaku Pariwisata, Pemprov akan Bangkitkan Senggigi

Gandeng Pelaku Pariwisata, Pemprov akan Bangkitkan Senggigi

Lombok Barat,Literasi – Pariwisata adalah salah satu program super prioritas Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Berbagai macam cara dilakukan pemerintah dalam memajukan sektor pariwisata. Salah satunya adalah berdiskusi dengan para pelaku pariwisata untuk mencari jalan demi kemajuan pariwisata.

Senggigi sebagai salah satu destinasi pariwisata yang ada di NTB, menjadi perhatian pemerintah daerah. Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Sekda NTB), Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si yang didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Lalu. Moh. Faozal dan Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, A.Ag, M.Si mengungkapkan bahwa pemerintah provinsi akan berusaha membangkitkan Pariwisata Senggigi.

“Spirit hari ini adalah senggigi reborn, dari kabupaten ada revitalisasi Senggigi, kemudian tadi kita sampaikan juga refreshing hubungan antara media dengan pelaku pariwisata dan pemerintah daerah,” tutur Sekda usai menggelar diskusi dalam acara silaturahmi pelaku pariwisata dan pengusaha hiburan kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat, Sabtu (22/2/2020).

Ia menyampaikan bahwa forum-forum dialog dengan media juga menjadi perhatian pemerintah mengingat media sebagai salah satu instrumen untuk memperkenalkan dunia pariwisata yang ada di NTB ini.

Selain itu, Sekda juga menyampaikan, pemerintah daerah akan mencoba melakukan reorganisasi dalam bentuk lembaga yang melibatkan banyak pihak termasuk di dalamnya akan ada pelaku usaha.

“Kita ingin kelembagaan itu terkonsolidasi, dan di dalamnya ada pelaku dan lain sebagainya. Kita akan cari bentuknya. Kalau tidak ada aturannya, kita buatkan aturan, tidak boleh abu-abu. Kalau ini bagus, orang lain akan belajar ke kita,” tegas Sekda.

Terkait dengan adanya lahan-lahan yang tidak terpakai dan yang ditinggalkan oleh investor di Senggigi, Sekda NTB mengatakan akan berkoordinasi dengan BPN, lahan mana yang bisa digarap optimal oleh kabupaten akan diserahkan.

“Kita ingin Senggigi bangkit kembali, provinsi tentu akan mendukung termasuk tadi ada harapan-harapan tanah provinsi, kalau memang optimalisasi itu lebih baik ke kabupaten, kami ikhtiarkan untuk diserahkan ke kabupaten,” terangnya.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Lombok Barat mengaku banyak mendapat masukan dari pelaku pariwisata untuk membangkitkan kembali detinasi pariwisata Senggigi. Lombok Barat berkomitmen untuk membantu provinsi meraih target kunjungan wisatawan.

Ia menyampaikan beberapa langkah konkret yang akan dilakukan oleh Pemda Lombok Barat untuk membangkitkan pariwisata di Senggigi ini. “Tadi kita banyak mendapatkan treatment bagaimana menghidupkan Senggigi,” akunya.

Bupati berencana akan membentuk badan pengelola khusus terkait dengan kepariwisataan di Senggigi dan akan membuat perencanaan-perencanaan yang berkaitan dengan pariwisata bersama dengan pelaku pariwisata itu sendiri.

Pemerintah daerah bersama pelaku pariwisata dan pengusaha hiburan sepakat berdiri bersama untuk memajukan pariwisata NTB.hm

About literasi

Check Also

Sambut MotoGP, Menhub Inspeksi Pelabuhan Gili Mas

Menhub bersama Gubernur NTB meninjau Pelabuhan Gili Mas Lobar,Literasi – Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: