Kamis , September 24 2020
Home / Obyek Wisata / Pohon Purba yang Menakjubkan Ada di Lotim

Pohon Purba yang Menakjubkan Ada di Lotim

SELONG, Literasi-Keindahan alam Lombok tidak hanya pada pantainya, melainkan juga adat budaya dan alam pegunungan. Salah satu yang menjadi aset bernilai tinggi adalah pohon purba di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur.

Bambang Ibnu Sina sampai terheran-heran. Sudah belasan tahun mengajar di Lombok Timur, pria berusia 65 tahun ini baru mengetahuinya. Sampai ketika memasuki masa pensiun begitu pindah ke Bandung dan kembali menjajaki kenangan di Lombok, ia justru baru tahu ada pohon purba di Lotim. Pesona itu diperoleh ketika diajak berkeliling oleh putri dan calon menantunya.

     Tidak sedikit yang serupa dengan Bambang. Bahkan popularitas pohon purba lebih banyak dilakukanwara luar yang terpedona oleh keindahannya.

     Pohon Purba itu sendiri dikenal dengan sebutan pohon purba Lian yang berada di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Letaknya yang berada di pinggir jalan membuat areal itu sangat mudah ditemui.

    Agar sampai di lokasi tujuan hanya diperlukan waktu sekira 3 jam dari Kota Mataram atau 1 jam dari Kota Selong Lombok Timur. Jejeran pohon purba itu sangat menarik perhatian mengingat jumlahnya yang terbilang tidak sedikit.

    Bisa dibayangkan, keteduhan yang ditawarkan memikat hati para pengunjung. Apalagi di seputar lokasi itu terdapat pedagang dengan warung-warung kecil yang biasanya menjadi tempat berteduh sekaligus mengamati areal di sekitarnya. Dengan tinggi yang mencapai puluhan meter menjulang ke langit, pemandangan itu sangat menakjubkan.

    Tidak mengherankan pohon purba tersebut menjadi arena selfie yang sangat memikat. Para pengunjung, apalagi yang datang dari jauh, tidak menyia-nyiakan berselfie ria di depan pepohonan tua yang diperkirakan tumbuh sejak tahun 1668.

     Karena itulah pohon itu akrab disebut pohon Purba Lian,  istilah yang digunakan oleh penduduk sekitar. Jenis pohon itu sendiri  bernama latin ficus albipila yang sudah ada sebelum kemerdekaan dan masih tumbuh subur hingga saat kini.

    Para pengunjung biasanya berdatangan dihari libur. Mereka mengendarai kendaraan bermotor menyisiri keindahan Lombok Timur, apalagi di sekitar Desa Gunung Malang terdapat pula obyek wisata dan pemandangan pantai yang cukup indah.

     Ukuran pohon purba yang sangat besar membuat seorang pengunjung tidak mungkin memeluk pohon itu sendirian mengingat diameternya yang sangat lebar. Warga banyak memanfaatkannya untuk kebutuhan pengambilan gambar momentun tertentu dengan mengambil gambar di depan atau di antara pepohonan raksasa tersebut.

    Sedikitnya terdapat 40 pohon sejenis yang terus dijaga keasriannya dan dilindungi oleh pemerintah. ian

About literasi

Check Also

Kampung Sehat “Ijo Berseri” Serasa di Singapura

Gubernur ketika melauncung kampung sehat “Ijo Berseri” Lombok Tengah, Literasi — Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: