Kamis , Oktober 1 2020
Home / Dinamika / NTB Jago Pengembangan Moeslem Friendly Tourism

NTB Jago Pengembangan Moeslem Friendly Tourism

Mataram, Literasi-Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu daerah andalan Indonesia untuk pengembangan wisata halal dunia. Bahkan, daerah yang memiliki Gunung Rinjani dan Tambora ini dikenal jago dalam hal pengembangan muslim friendly tourism.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL Moh Faozal menyebutkan, sebelum ditetapkan sebagai destinasi wisata halal, pembangunan wisata di NTB berjalan lamban. Awalnya, jumlah wisatawannya hanya sekitar satu juta orang. Namun, setelah memenangkan penghargaan sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia dan Destinasi Honeymoon terbaik dunia, pariwisata NTB mengalami peningkatan yang signifikan.

Bahkan pada tahun 2016 lalu, Indonesia meraih 12 dari 16 penghargaan di bidang pariwisata pada ajang World Halal Travel Awards di Unites Arab Emirates. Dan Lombok-NTB mendapatkan paling banyak penghargaan.

“Lombok menerima paling banyak penghargaan. Lombok menerima tiga penghargaan, yaitu World Best Halal Beach Resort, World Best Halal Honeymoon Destination dan World Best Halal Travel Website,” kata Faozal.

Selain itu, tahun 2019 ini NTB dinobatkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di Indonesia, versi Indonesia Muslim Travel Index.

” Ini menunjukkan NTB memang jago dalam hal wisata halal. Selain itu, jumlah kunjungan ke NTB mengalami peningkatan. Sebelumnya hanya tumbuh dua persen. Begitu dapat the world best halal award, melompat tajam mencapai 32%. Domestic tourist-nya juga melompat tajam, 47%,” ujar Faozal seraya menjelaskan, jumlah wisatawan, baik mancanegara maupun domestik, dari tahun ke tahun, terus mengalami peningkatan. Bahkan pada tahun 2020, jumlah wisatawan yang ke NTB ditargetkan 4,5 juta orang.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dalam beberapa kesempatan selalu mengungkapkan komitmennya untuk terus mengembangkan wisata halal di NTB. Apalagi NTB memiliki eksotisme dan aura yang berbeda dibanding daerah lain di Indonesia, bahkan dunia.

“Banyak wisatawan yang kami temui, dari Australia, dari Korea mengatakan ketika datang ke Lombok, mereka merasakan aura yang berbeda. Banyak hal yang lebih indah. Lebih utama, eksotisme Lombok ini memang luar biasa,” jelas Gubernur.

Zulkieflimansyah menambahkan, Islam sangat compatible dengan wisata. Apalagi wisata halal yang saat ini menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat dunia.

“Seluruh perangkat infrastruktur untuk terus memajukan wisata halal di NTB ini. Salah satunya adalah Bank NTB Syari’ah,” ujarnya. (her)

About literasi

Check Also

NADI Geliatkan Ekonomi lewat Pariwisata Berkesinambungan di Lombok Utara

FOTO. Dr H Najmul Akhyar saat menyapa masyarakat. (FOTO. RUL/DS) KLU, Literasi – Bencana gempa …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: