Sabtu , September 19 2020
Home / Dinamika / Pemda Lombok Barat Dorong Inovasi Desa Wisata

Pemda Lombok Barat Dorong Inovasi Desa Wisata

Lombok Barat, Literasi-Pemerintah Daerah Lombok Barat tetap berkomitmmen memajukan pariwisata untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lombok Barat. Karena itu pemerintah desa didorong untuk eksis dan terus berkesinambungan melakukan berbagai terobosan-terobosa strategis terkait inovasi desa-desa dalam membantu Pemerintah Kabupaten Lombok Barat membangun destinasi wisata.

“Pariwisata di Lombok Barat memiliki pengaruh besar dalam Pendapatan Asli Daerah,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H. Moh. Taufiq belumn lama ini di Batulayar.

Mantan Asisten III Bidang Administrasi Pembangunan Setda Lombok Barat ini lebih jauh menyatakan, sebagai gambaran kondisi tahun 2018 lalu saat bencana gempa bumi terjadi di Pulau Lombok.Dimana sedikitnya empat puluh milyar PAD hilang dari pariwisata akibat gempa itu.

Taufiq mengapresiasi cita-cita desa guna mengembangkan pariwisata dengan berbagai inovasinya. Apalagi dalam draft RPJMD Kabupaten Lombok Barat, memiliki mimpi agar Lombok Barat itu Mantap.

Mantap dimaksud yakni, amanah, sejahtera, dan berprestasi. Untuk itu, harus ada iklim kompetisi. antar desa dalam kecamatan agar bersaing, namun persaingan sehat. Kalau di desa lain berprestasi, maka Desa Mekar Sari harus ikut berprestasi.

“Desa harus berinovasi dan berprestasi di bidang pariwisata. Kita harus mampu mencipatakan inovasi untuk agrowisata,” ujar Taufiq.

Kepala Desa Mekar Sari Sapinah saat memberi sambutan mengungkapkan bahwa keterbatasan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa plus keterbatasan pemanfaatannya, maka pihaknya tidak lagi memprogramkan hal-hal yang konsumtif.

Sapinah menyatakan, ke depannya, desa dengan penduduk 2024 jiwa ini akan mengembangkan agro wisata di bidang pertanian.

“Kami sudah membuka jalan-jalan baru sehingga paling tidak 2020 nanti, kami sudah memiliki dasar untuk itu,” jelas Sapinah.

Sapinah menyatakan, desanya memiliki APBDes sekitar Rp. 1,6 milyar. “Kami berharap mendapat dukungan penuh dari semua pihak, utamanya dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat,” ujarnya. (her)

About literasi

Check Also

Di Hadapan Finalis OwnBeat Urban Festival 2020, Niken Katakan NTB Beri Ruang yang Luas Generasi Muda yang Ingin Berkarya

Bunda Niken di hadaoan dinalis OwnBeat Urban Festival 2020 Mataram, Literasi – Ketua Umum International …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: