Jumat , September 25 2020
Home / Seni / Sarembang Gandang Sumbawa Hipnotis Penonton di TMII Jakarta

Sarembang Gandang Sumbawa Hipnotis Penonton di TMII Jakarta

JAKARTA, Literasi – Penampilan atraksi seni budaya Sumbawa bertajuk Sarembang Gandang yang ditampilkan Kantor Penghubung Provinsi NTB pada HUT ke-44Taman Mini Indonesia Indah, memukau ratusan penonton di Anjungan NTB, Rabu (24/4) malam.

Para penonton merasa terhibur lantaran kolaborasi tari-tarian oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diiringi sentuhan musik rebana sepanjang penampilan oleh para penari yang kebanyakan siswa-siswi SMKN 3 Sumbawa, membuat mereka terus bersemangat.

Kreasi Tembang Gandang, yaitu salah satu dari beberapa jenis tembang khas Sumbawa antara lain Badede, Bakelong, Malangko, Bakembong, Ulan, Sakeco dan lainnya.

“Kami juga memadukan kesenian Ratib Rabana Ode, yaitu permainan musik yang menggunakan rebana kecil, Bagandang, Tarian, Sakeco, Ngumang serta ilustrasi proses adat Barodak Rapancar, yaitu sebuah prosesi luluran dan pewarnaan kuku bagi calon pasangan pengantin. Semuanya dikemas apik dalam satu atraksi utuh yang diberi tema Sarembang Gandang,” ujar salah satu seniman asal NTB, Surya, menjawab wartawan usai pementasan kesenian itu.

Pria yang juga ASN di Dispar NTB menjelaskan bahwa atraksi ini diawali alunan serunai yang merdu. Serunai ini adalah alat musik khas

Sumbawa. Disusul Ngamang yang berisi syair lawas selamat datang dan juga suara-suara atau teriakan penyemangat secara masal yang disebut bagero dalam bahasa Sumbawa. Uniknya, para penyaji atraksi Sarembang Gandang adalah para siswa-siswi SMKN 3 Sumbawa yang didatangkan langsung ke Jakarta.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Daerah NTB, Sahrirrohman, mengatakan anjungan NTB ikut ambil bagian dalam memeriahkan HUT TMII tahun ini. “Anjungan NTB tidak pernah absen untuk ikut serta memeriahkan HUT TMII. Kali ini kita bersama Dinas Dikbud NTB menyelenggarakan atraksi Sarembang Gandang.

Hari Sabtu tim sanggar Bumi Gora Diklat Seni Anjungan NTB juga menampilkan beberapa kesenian daerah khas NTB. Sebelumnya juga NTB berpartisipasi dalam Festival Kuliner Khas Nusantara. “Semua

dalam rangka mempromosikan seni budaya daerah NTB di Jakarta,” jelasnya.

Sahrirrohman menambahkan, dalam rangkaian HUT TMII yang digelar dari 19-21 April 2019, stand kuliner maupun penampilan tim kesenian NTB mendapatkan apresiasi positif dari para pengunjung TMII, bahkan ada wisatawan mancanegara yang tertarik berkunjung ke NTB setelah melihat atraksi di Anjungan NTB. RUL.

About literasi

Check Also

Komidi Rudat Bonyeq : Kreasi Bentuk Teater Tradisi Sasak

Perlahan tapi pasti, teater tradisional NTB terus menggeliat membangun dirinya. Berbagai upaya dilakukan untuk mencari …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: