Selasa , Mei 24 2022
Kadis Pariwisata NTB H. Lalu Muhamad Faozal MSi

Ribuan Wisman Kunjungi NTB dengan Kapal Pesiar

LOBAR, Literasi – Ribuan wisatawan mancanegara (wisman) datang dengan menggunakan kapal pesiar MV Sun Princess dan tiba di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, pada Jumat (15/3).

General Manager Pelindo III Lembar Erry Ardiyanto menyampaikan jumlah wisman yang datang sebanyak 2.191 orang dengan jumlah kru kapal sebanyak 855 orang.

“Kapal ini memiliki panjang 261 meter dan dinakhodai kapten Jon Paul Briyant. Sun Princess datang langsung dari Pelabuhan Darwin, Australia, dan tiba di Lembar pada pukul 06.15 WITA,” ujarnya menjawab wartawan.

Erry mengatakan kunjungan wisman dengan kapal pesiar merupakan upaya promosi dan percepatan pemulihan sektor pariwisata Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Barat pascagempa.

“Kedatangan ribuan wisatawan ini tentu membawa dampak positif bagi kebangkitan pariwisata di Pulau Lombok,” kata dia.

Dengan membawa penumpang ribuan orang ke Pulau Lombok, kata Erry, tentu akan terjadi transaksi berupa jasa transportasi kemudian berbalanja makanan dan suvenir. Selain itu, Erry sampaikan, wisatawan juga akan mengunjungi objek wisata seperti Taman Pura Narmada, Taman Pura Mayure, Gili Trawangan, dan Gili Nangu.

Erry menambahkan, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat kegiatan kunjungan kapal pesiar melalui Pelabuhan Lembar, Pelindo III Lembar berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Lembar, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan Lembar, Polairud, Basarnas, Dinas Pariwisata NTB, Dinas Pariwisata Lombok Barat.

Kedatangan ribuan wisman disambut tarian adat khas Lombok, Gendang Beleq. Kapal ini akan melanjutkan perjalanannya ke Pelabuhan Phu My, Vetnam pada pukul 18.00 Wita.

Sambut Positif

Sementara itu, Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata (Dispar) NTB menyambut positif kedatangan kapal pesiar MV Sun Princess yang 2.191 wisatawan mancanegara (wisman) di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (15/3).

Kepala Dispar NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, MV Sun Princess merupakan kapal pesiar keenam yang datang ke Lombok sejak Januari.

“Ini menunjukkan pariwisata Lombok sudah mulai bangkit,” ujar Faozal.

Faozal menjelaskan Dispar melakukan penyambutan dengan menyuguhkan tarian adat Lombok, Gendang Beleq, saat para wisman turun dari sekoci kapal MV Sun Princess yang lego jangkar sekitar area Pelabuhan Lembar atau sekitar 500 meter dari dermaga.

Selain itu, Kata Faozal, para wisman juga diberikan paket wisata sehari dengan mengunjungi sejumlah destinasi andalan, mulai dari museum NTB, Taman Mayura, pasar seni, Lingsar, Narmada, Senggigi, Desa Adat Sade, serta ada juga yang memilih ke Kuta Mandalika dan Gili Trawangan.

Terpisah, General Manager Lombok Paradise, Heri Nur Cahyono salah satu operator mengatakan, kapal Sun Princess ini akan melanjutkan perjalanannya ke Pelabuhan Phu My, Vetnam pada pukul 18.00 WITA.

“Pada 25 Maret akan masuk lagi kapal pesiar, dan sudah ada 11 kapal yang sudah konfirmasi kedatangannya ke Lombok dari rencana 20 kapal pesiar dengan rata-rata penumpang antara 1.500 hingga 2 ribu lebih wisatawan,” tandasnya. RUL.

Check Also

Gelar Event Bertaraf Internasiona, Seluruh Elemen Harus Berbenah

Bihala yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Sumbawa (IKS).kmf Mataram, Literasi – Gubernur NTB, Dr. H. …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: