Sabtu , Desember 5 2020
Home / Budaya / TNI-Polri Amankan Upacara Melasti Umat Hindu Sukamaju di Pantai Telang Sumbawa

TNI-Polri Amankan Upacara Melasti Umat Hindu Sukamaju di Pantai Telang Sumbawa

MATARAM, Literasi – Sekitar 700 warga Hindu yang tersebar di Desa Sukamaju, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa berkumpul di Pantai Telang Desa Emang Lestari untuk melaksanakan upacara Melasti (Tirta Yatra). Upacara Melasti dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1941. Di daerah ini, umat Hindu banyak bermukim di desa-desa transmigrasi dengan mengembangkan pertanian dan menanam buah-buahan.

          Perayaan Melasti ini dipimpin oleh Pemangku Gede I Wayan Bajera selaku tokoh agama di Desa Sukamaju. Menariknya, perayaan upacara itu berlangsung dengan lancar lantaran sepanjang kegiatannya dipantau langsung Danramil 1607-07/Lunyuk Kapten Inf I Wayan Suledra bersama anggota Koramil. Terlihat Kapolsek Lunyuk, AKP Mathias Wayan Apelabe, dan anggota langsung turun melaksanakan pengawalan dan pengamanan jalannya upacara melasti dengan rangkaian kegiatan start dari Pura Puseh Desa Sukamaju menuju lokasi upacara.

          Di sela-sela pengamanan, Danramil Lunyuk menyampaikan upacara Melasti ini merupakan pembersihan atau pensucian diri secara lahir dan bathin untuk menyambut perayaan Hari Raya Nyepi pada tanggal 7 Maret mendatang.

          “Upacara Melasti ini dilaksanakan sekali setahun sama seperti perayaan Hari Raya Nyepi karena memang merupakan rangkaian dari Hari raya Nyepi,” ujar salah satu tokoh adat warga setempat, Wayan Suledra menjawab wartawan melalui pesan tertulisnya, Selasa (5/3).

          Menurutnya, upacara Melasti bertujuan untuk melebur segala macam bentuk pikiran yang kotor, perkataan dan perbuatan, dan untuk memperoleh air suci untuk kehidupan yang pelaksanaannya dapat dilakukan di laut, danau dan pada sumber mata air yang disucikan.

          “Pada pelaksanaannya juga diharapkan tidak ada yang membuang sampah sembarang yang dapat mengotori lingkungan sehingga tidak mengurangi makna dari Melasti itu sendiri,” kata Suledra.

          Terpisah, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Hadi, memberikan apresiasi kepada satuan jajarannya yang telah membantu mengamankan pelaksanaan ibadah persembahyangan umat Hindu yang ada di wilayah Koramil Lunyuk.

          “Sebentar lagi saudara-saudara kita Umat Hindu akan melaksanakan Hari Raya Nyepi, saya meminta kepada Koramil jajaran untuk membantu mengamankan jalannya perayaan Nyepi dengan harapan selama proses perayaan Nyepi dapat berjalan aman, lancar dan kondusif,” ujarnya.

          Dandim Sumbawa juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban wilayah mengingat pelaksanaan Pemilu 2019 sudah dekat sehingga wilayah Kabupaten Sumbawa khususnya tetap dalam suasana aman dan kondusif. RUL.

About literasi

Check Also

Ketika Para Penembang Mulai Gundah

Putrawadi KLU, Literasi-Alunan suaranya mendayu pada hari istirahat sebuah pertemuan yang difasilitasi LPA NTB di …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: