Selasa , September 29 2020
Home / Dinamika / Volentir Belanda akan Beri Pelatihan E Marketing di STP Mataram

Volentir Belanda akan Beri Pelatihan E Marketing di STP Mataram

Mataram, Literasi-Mrs.Ria Doolards Meekers akan memberi pelatihan e marketing di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, Senin (18/2) mendatang. Kehadiran volentir asal Belanda itu diharapkan bisa membuka wawasan dosen dan mahasiswa setempat di sektor pemasaran wisata.

Kepala Kantor Urusan Internasional STP Mataram, Lia Rosida, Jumat (15/2), mengemukakan pemasaran pariwisata meliputi segmen pariwisata seperti hotel, travel agent, dan lain-lain. Hal ini ingin dibuka mengingat pemasaran tidak bisa lagi mentok secara manual karena semua bentuk pemasaran sudah dilakukan secara elektronik.

Menurut Lia, e-marketing sangat dibutuhkan di sektor pariwisata dalam kondisi teknologi yang kian canggih. Karena itu, mahasiswa maupun dosen perlu mengetahui perkembangan teknologi yang sedang terjadi.

“Oleh karena itu kita minta dari PUM, salah satu LSM di Belanda yang memberikan volentir memberikan pelatihan selama sepekan,” katanya. Ria
Doolards Meekers hadir memberikan pelatihan mulai 18 Februari 2019. Sedangkan peserta terdiri  dari kalangan mahasiswa dan dosen.

“Pihak luar pun diundang seperti dari kalangan birokrasi pemerintahan namun belum ada yang repon,” katanya.

Menurut Lia, tujuan utama pelatihan untuk meningkatkan kapasitas marketing, bagaimana memasarkan hotel melalui chanel seperti sosial media dan lain-lain.

“Kita harapkan kedepannya khususnya mahasiswa menjadi salah satu penentu pemasaran. Mereka yang bekerja di hotel tahu melakukan pemasaran elektronik, apalagi yang mengatur paket tour. Khusus dosen memang sudah memiliki ilmu dasar pemasaran namun seiring dengan perkembangan teknologi kita juga harus aktif,” paparnya.

Selama ini, khusus STP Mataram memang sudah menggunakan e marketing akan tetapi perkembangan teknologi harus diikuti dengan cepat dan kemungkinan ada yang belum diketahui. Diharapkan kedatangan volentir ini sekaligus bisa membuka akses ke wilayah lain seperti dalam membangun relasi dan promosi pariwisata.

Mengapa harus volentir Belanda, bagi Lia, hal ini tidak lepas dari sharing yang sudah dilakukan. Keuntungannya bahkan menjadi kesempatan dalam mempromosikan NTB. ian

About literasi

Check Also

Pembangunan Infrastruktur TIK Mandalika Jadi Prioritas, Menkominfotik Mengaku Bahagia dapat Berkunjung Kembali ke NTB

Menkominfotik ketika meninjau langsung Miniatur Circuit Mandalika di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah Lombok Tengah, …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: