Selasa , September 29 2020
Home / Kajian / Menciptakan Sensasi ‘Cairns Esplanade’ di Pantai Ampenan

Menciptakan Sensasi ‘Cairns Esplanade’ di Pantai Ampenan

Oleh : Sri Susanty, SST.Par, M.Par *

Berkunjung ke Kota Cairns, Queensland Utara, Australia sebagai penerima beasiswa Australia Awards Indonesia – Sustainable Tourism for Regional Growth 2 Short Term Awards Short Term Award 2016 lalu, menjadi pelajaran berharga. Kota pertama yang dikunjungi adalah Cairns, sebelum melanjutkan studi ke Griffith University Gold Coast sebagai tujuan utama.

    Seminggu adalah waktu yang singkat berada di Cairns namun memberikan kesan yang mendalam tentang penataan kotanya yang indah, bersih, tenang didukung oleh suasana tropis yang menarik.

     Cairns didirikan pada tahun 1876 dan dinamai — menurut William Wellington Cairns, Gubernur Queensland – dulunya adalah daerah rawa-rawa. Kini telah bermetamorfosis menjadi daerah tujuan wisata dunia yang dipenuhi oleh bar, klub, restoran dan kafe sesuai ukuran kantong wisatawan.

      Cairns adalah kota sempurna untuk para pencinta hiburan, penyelam sejati, dan penyuka tantangan. Kota Queensland yang ramah adalah pintu gerbang menuju Great Barrier Reef, Taman Nasional Daintree, Cape Tribulation, Cooktown, dan tujuan wisata lainnya di Semenanjung Cape York.

                Di Kota Cairns banyak sekali daya tarik wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya yaitu Cairns Esplanade yang menjadi titik pusat area rekreasi semua lapisan masyarakat dan wisatawan.

     Cairns Esplanade adalah hamparan pantai indah yang mencakup lebih dari 2.5 km halaman rumput dan taman lanskap di sepanjang tepi pantai yang dikelilingi pepohonan. Tidak ada pantai berpasir indah di kota, tapi laguna Esplanade yang megah, taman bermain, barbecue, dan fasilitas rekreasi tersedia untuk digunakan secara gratis. Pengunjung hilir mudik mencari pemandangan yang indah saat makan malam, joging pada pagi dan sore hari, remaja yang mengendarai skateboard, para pekerja yang beristirahat di atas rumput untuk makan siang serta aktivitas lainnya.

Dulu, Esplanade merupakan pantai berpasir, mirip dengan pantai Cairns Utara seperti Pantai Machans dan Pantai Holloways. Namun, lumpur akibat pengerukan saluran Grafton menutupi keseluruhan area berpasir. Infus lumpur ini sangat bagus untuk ekosistem mangrove, tapi tidak bagus bagi wisatawan yang lebih suka melihat pantai berpasir dari rawa pasang surut. Untuk membuat pantai ini tetap menjadi tempat hiburan bagi masyarakat maka dirancanglah Esplanade seperti sekarang ini. Adapun aktivitas dan fasilitas yang menjadi daya tarik di Cairns Esplanade yaitu:

1.Swimming Lagoon

Untuk mengembalikan fungsi pantai yang biasanya untuk berenang, pemerintah membuat kolam di tepi pantai. Kolam ini sangat luas dengan berbagai kedalaman yang cocok untuk segala jenis usia. Lagoon adalah fasilitas kolam air asin seluas 4800 meter persegi yang yang disaring melalui sistem filtrasi canggih. Dengan pantai berpasir halus dan dikelilingi oleh rumput hijau, tempat yang sangat bagus untuk wisata keluarga. Air mancur terlihat di beberapa sudut untuk menghiasi kolam tersebut. Fasilitasnya pun sangat baik karena tersedia outdoor showerdan toilet yang sangat bersih di dekat kolam.

Pada siang hingga sore hari kolam selalu dipadati pengunjung dari segala usia. Laguna dibuka setiap hari dari jam 06.00 hingga pukul 21.00. Kolam ditutup pada hari  Rabu  pagi hingga hingga tengah malam untuk perawatan. Fasilitas toilet dan kamar mandi terletak di blok fasilitas di samping Lagoon.Lifeguards selalu bertugas, selama Lagoon terbuka untuk umum. Akses kursi roda ke Lagoon juga tersedia.

2. Playgrounds

Cairn Esplanade menyediakan taman bermain untuk anak-anak, tempat yang modern, menyenangkan, aman, dan nyaman. Ini menggabungkan fasilitas aktif, pasif, interaktif, dan edukatif dengan kombinasi peralatan bermain. 1). Muddy’s adalah taman bermain mencakup area bermain air ditambah rubah terbang, lonceng suara, jalur kereta, jembatan tali, seluncuran, rumah bermain, area bercerita, gergaji, permainan trik dan permainan puzzle. 2). Fun Ship merupakan taman bermain berupa kapal kayu ikonik yang hampir mirip dengan kapal asli yang sesuai dengan tema laut Esplanade. 3). Healing Gardenmerupakan area permainan baru. Salah satu fitur yang ada adalah Bamboo – simbol umur panjang dan kerendahan hati. Angin pesisir mengayunkan Bambu, yang membengkok dengan mudah. Itu tidak mudah pecah dan oleh karena itu dipandang sebagai simbol kekuatan.The Healing Garden ditanam dengan warna hijau untuk membantu keseimbangan dan harmoni.

3. Fasilitas Rekreasi

Bagi para kawula muda,disediakan fasilitas rekreasi dengan desain yang inovatif dan estetik kontekstual. 1). Skate Plaza adalah salah satu fasilitas rekreasi terbaik Dewan Daerah Cairns. Di bagian lain dari Youth Activity Precinct, lintasan melengkung adalah fitur yang mendominasi dari plaza skate. Plaza telah muncul di berbagai majalah skateboard dan BMX dan dipandang sebagai standar fasilitas rekreasi yang aktif dan tidak terstruktur. Fasilitas ini disebut sebagai ‘salah satu dari tujuh keajaiban dunia skate park’ karena disainnya. 2). The Bouldering Park adalah arena panjat tebing dengan ketinggian rendah. Pada hari tertentu, pengelola menyediakan instruktur gratis untuk kelas perkenalan. 3). Fitness Station yang memungkinkan masyarakat mengakses perlengkapan kebugaran dan olah raga di lingkungan alami sepanjang hari.Peralatan rekreasi telah dipilih sebagai bagian dari program “Green Gym” di Esplanade,.Peralatan fitness “Green Gym” di Northern Esplanade dipilih untuk memungkinkan latihan kardio dengan dampak rendah yang memfasilitasi kekuatan dan mobilitas. Klub Kesehatan  menjalankan kegiatan kebugaran mingguan gratis empat hari dalam seminggu di sekitar Laguna Esplanade. Semua aktivitas olahraga berlangsung selama 1 jam dan tidak dipungut biaya. 4). Petanque Court. Bagi yang ingin bermain petanque harus membawa peralatan Petanque sendiri. 5). Lapangan voli pantai. Ada empat lapangan voli pantai bertaraf internasional di Youth Activity Precinct.

4. BBQs

Sekitar 12 BBQs listrik dan area piknik untuk digunakan umum tepat di sepanjang tepi Esplanade. BBQs dibersihkan setiap hari dan gratis untuk pengguna pertemuan kecil. Bagi yang ingin menggunakan fasilitas ini menggunakan sistem antrian dimana yang paling cepat mengantri akan lebih dahulu menggunakan fasilitas ini. Jika acara untuk lebih dari 50 orang maka harus mengirim formulir Permohonan Penyewaan tempat setidaknya 10 hari kerja sebelum acara dimulai.

5. Parklands

Ada 2,5 km tepi yang menakjubkan dengan banyak area taman. Tersedia sekitar 8 area halaman yang indah untuk duduk bersantai di atas hamparan rumput yang menghijau. Di area lapangan hijau ini juga tersedia meja piknik, bangku panjang, dan fasilitas BBQs, dan fasilitas toilet.

6. Toilet and Showers

Fasilitas ini berada di hampir semua area di laguna, parklands,  dan plygrounds sehingga mudah dijangkau oleh semua kalangan.

7. Esplanade Boardwalk

Boardwalk merupakan jogging track yang panjangnya sekitar 2 km yang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin jalan/lari/bersepeda di pagi atau sore hari. Sepanjang jalan bisa menikmati pemandangan yang indah dan luaskarena melewati taman, city lagoon dan dermaga serta pemandangan pantai di salah satu sisinya. Sepanjang boardwalk pun terdapat fitness stations dengan equipment yang mutakhir.

8. Monuments and memorials

Cairns kaya akan cerita sejarah yang diabadikan dalam situs dan monumen peringatan di sepanjang tepi Cairns Esplanade. 1). Anchor Memorial berupa jangkar yang berhasil diselamatkan dari perairan setempat untuk mengenang para pelaut terdahulu. 2). Cairns Cenotaph and Memorial site merupakan tempat yang penting bagi budaya dan sejarah masyarakat Cairns. Peringatan tersebut ditandai dengan sebuah monumen yang berbentuk jam  yang menunjukkan 4.28am – Saat pasukan ANZAC mendarat di Gallipoli pada tanggal 25 April 1915 yang naas. Selain mencatat nama-nama 142 pria dan wanita yang bertugas dalam Perang Dunia I, pengunjung juga mendapatkan informasi tentang dampak perang terhadap masyarakat Cairns, dan sejarah Cenotaph and Memorial Site. 3).Catalina Memorial didedikasikan untuk untuk Skuadron RAAF 11 dan 20 yang berjasa selama perang dan diresmikan pada tahun 1976. Model skala pesawat terbang diletakkan di atas pada tahun 1995, untuk menandai ulang tahun ke-50 akhir Perang Dunia II. 4) Merchant Navy Memorial yaitu monumen yang diperuntukkan bagi  awak kapal pelayaran komersial Australia yang bertugas selama Perang Dunia II yang membawa persediaan yang sangat dibutuhkan dan kemungkinan besar akan diserang saat kapal-kapal Angkatan Laut Australia Raya.5). US Army Ships Memorial dibangun oleh US Army Small Ships Association and the Australian Merchant Navy Association pada tahun 2005 sebagai bentuk pengakuan terhadap kontribusi para pria  dari Merchant Navy dan Kapal Kecil Angkatan Darat AS dalam Perang Dunia II dan hubungannya dengan Cairns. 6) Olympic Torch Monument berupa bangunan yang terbuat dari  granit untuk memperingati Kota Cairns sebagai tuan rumah awal  Olympic Torch Relay pada tahun 1956.

                Ketika berada di Cairns Esplanade ini secara imaginatif saya merasakan berada di Pantai Ampenan Lombok  puluhan tahun kedepan. Sebagai sebuah daya tarik wisata, kedua tempat ini memiliki similiritas yang tinggi baik dari segi historis maupun potensi sumber daya alam yang dimiliki.

    Pantai Ampenan merupakan salah satu tempat hiburan favorit masyarakat dan wisatawan karena lokasinya yang berada di Kota Tua Ampenan yang bisa dijangkau hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Mataram dan Pantai Senggigi. Pantai ini juga memiliki nilai histori yang tinggi karena berkaitan dengan keberadaan Pantai Ampenan sebagai pelabuhan perdagangan terbesar di Lombok. Hal ini bisa dibuktikan dengan terbentuknya perkampungan budaya Cina, Arab, Banjar, dan Bugis yang hidup berdampingan dengan Suku Sasak namun masih mempertahankan budaya asli mereka. Sejak Kota tua Ampenan ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata utama, dilakukan revitalisasi Pantai Ampenan berupa penataan objek dan fasilitas walaupun masih dirasakan kurang seperti ketersediaan toilet umum dan warung PKL yang belum tertata dengan apik. Adapun aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pantai Ampenan yaitu: 1). Menikmati kuliner lokal 2). Mandi, berenang, dan bermain pasir. 3). Menikmati matahari senja. 4). Memancing di bekas dermaga pelabuhan. 5) Menjelajahi peninggalan sejarah . 6) Foto narsis. 7) Surfing di muara sungai Jangkok

Berkaca dari eksistensi ‘Cairns Esplanade’ dan melirik potensi daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Ampenan, maka pemerintah sejatinya bisa mewujudkan dan  mengembangkan atraksi  yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Ampenan.

  1. Tourist Information Centre(TIC)

Keberadaan TIC ini mutlak diadakan mengingat keberadaan Pantai Ampenan yang memiliki nilai historis bagi masyarakat NTB. Selama ini, hampir di semua tempat bersejarah di Pulau Lombok sangat minim informasi mengenai keberadaan objek tersebut bagi wisatawan. TIC merupakan pusat informasi pariwisata yang memberikan informasi kepada wisatawan mengenai lokasi, atraksi, penginapan, pusat hiburan, peta dan segala sesuatu mengenai pariwisata di daerah tersebut. Pengelolaan TIC yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh swasta, adalah ditujukan untuk menyediakan informasi yang akurat kepada wisatawan mengenai segala potensi pariwisata yang dapat memudahkan wisatawan untuk mengetahui objek wisata dan kegiatan/event kepariwisataan yang diselenggarakan di Pantai Ampenan.

2. Wahana Bermain Air

Di sepanjang Pantai Ampenan terlihat banyak perahu nelayan yang bersandar, semestinya perahu-perahu tersebut diberdayakan sebagai perahu wisata yang siap membawa wisatawan berkeliling di kawasan pantai sambil menikmati indahnya panorama senja dan angin yang sepoi-sepoi. Untuk menambah daya tarik, perahu wisata dihias cantik dengan lampu lampion dan dilengkapi dengan fasilitas keselamatan penumpang. Sepanjang perjalanan, pemandu bisa menjelaskan tentang sejarah Pantai Ampenan yang dahulunya merupakan pelabuhan yang tersohor. Di pantai ini juga sebaiknya menyediakan berbagai permainan air lainnya seperti banana boat dan sepeda air untuk berkeliling pesisir pantai

3. Pentas Seni, Budaya, dan Olahraga

Pantai Ampenan sangat berpotensi sebagai venue open air untuk pementasan seni budaya. Pentas seni merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pertunjukan dan kreatifitas seni budaya baik dalam bentuk pertunjukan musi, tarian, drama/teater atau bentuk kreatifitas seni lainnya. Adapun peserta pagelaran seni ini pihak pengelola bisa berkoordinasi dengan pihak sekolah, sanggar seni budaya, dan masyarakat sekitar untuk menampilkan seni budaya masing-masing. Selama ini, keterbatasan pariwisata Lombok yaitu limitasi atraksi seni budaya yang bisa dipertontonkan kepada wisatawan yang terschedule dengan baik. Selain itu, atraksi lainnya yang bisa ditampilkan yaitu lomba bahari seperti lomba perahu layar yang menjadi agenda rutin tahunan. Adapun kegiatan fitness yang sudah dilakukan sekarang semakin ditingkatkan pelaksanaanya baik dari format kemasan acaranya maupun atraksi yang ditampilkan. Diharapkan pentas seni budaya dan olahraga ini sebagai ajang silaturahmi dan memacu kreativitas teknis masing-masing sehingga kesenian dan kebudayaan daerah tetap lestari dan menjadi milik bangsa Indonesia.

4. Hotspot Area

Pantai Ampenan ini menjadi tujuan utama masyarakat kota Makassar untuk menghabiskan waktu luang terutama pada akhir pekan seperti jogging atau olah raga di pagi hari dan wisata kuliner. Keistimewaan ini akan semakin lengkap jika para pengunjung dapat mengakses internet gratis gratis tanpa batas di beberapa lokasi di sepanjang pantai.

5. Playgrounds set

Tempat rekreasi keluarga, selama ini pantai Ampenan belum ramah terhadap anak. Terbukti tidak satupun fasilitas rekreasi anak yang edukatif tersedia. Saya membayangkan kelak pada saat berekreasi bersama anak-anak mereka memiliki arena bermain tersendiri yang bisa dinikmati secara gratis sebagai bagian dari fasilitas publik. Arena permainan yang dibangun harus seru sekaligus bisa dijadikan tempat untuk mengeksplorasi dunia anak dan merangsang perkembangan syaraf motorik anak.  Terdapat beberapa fasilitas bermain yang direkomendasikan seperti flying fox, ayunan, panjat memanjat, berseluncur, dan juga arena bermain air dan pasir.

6. Public Art

Untuk menambah daya tarik dan keunikan Pantai Ampenan harus memiliki sesuai yang iconik. Keunikan pantai ini bisa ditampilkan melalui project “seni di publik”  yang merupakan media yang telah direncanakan dan dilaksanakan dengan tujuan dipentaskan di ranah publik. Saat ini, seni publik dapat mengambil berbagai bentuk, ukuran, dan skala dan bisa bersifat sementara atau permanen. Seni umum dapat mencakup mural, pahatan, peringatan, arsitektur terpadu atau arsitektur lansekap, seni komunitas, media baru digital, bahkan pertunjukan dan festival. Hal yang termasuk bisa ditampilkan di sini yaitu photo gallery yang diperoleh dari fotografer profesional maupun hasil dari kompetisi melalui pentas seni budaya.

Penambahan fasilitas dan daya tarik wisata di Pantai Ampenan bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan hal yang mustahil. Diperlukan kerjasama dan partisipasi semua stakeholder pariwisata terutama masyarakat lokal agar pariwisata di daerah tersebut menjadi pariwisata yang berbasis masyarakat dan berkelanjutan tapi dikemas menarik dan futuristik. Dengan berbagai ide tersebut, diharapkan di era mendatang, pengunjung bisa merasakan sensasi ‘Cairns Esplanade, Quensland Australia di Pantai Ampenan,  Lombok-Indonesia. Semoga, kehadiran Akpar yang sekarang menjadi STP  Mataram akan melahirkan pemikir-pemikir baru dalam perencanaan destinasi wisata.

* Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram

About literasi

Check Also

Vidcon dengan Gubernur, Presiden Tekankan Pemulihan Ekonomi

Presiden Jokowi Mataram, Literasi-Memberikan arahan kepada seluruh gubernur, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan tentang pentingnya …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: